Fitriani, Fitriani (2020) Pemanfaatan Situs Keagamaan Islam sebagai Sumber Belajar dan Pengaruhnya terhadap Prestasi Peserta Didik Kelas XII SMA Negeri 1 Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Preview |
Text (Sampul dan Abstrak)
15.1100.143 Sampul dan Abstrak.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
15.1100.143 BAB 1.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 2)
15.1100.143 BAB 2.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 3)
15.1100.143 BAB 3.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 4)
15.1100.143 BAB 4.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 5)
15.1100.143 BAB 5.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
15.1100.143 Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
Skripsi ini membahas mengenai pemanfaatan situs keagamaan Islam sebagai sumber belajar dan pengaruhnya terhadap prestasi peserta didik. Situs keagamaan Islam merupakan salah satu teknologi informasi yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar situs ini dapat diakses melalui komputer maupun handphone yang terhubung dengan jaringan internet. Situs keagamaan Islam ini dapat dimanfaatkan sebagai salah satu sumber belajar untuk peserta didik selain dari guru mata pelajaran pendidikan agama Islam itu sendiri dan buku paket, yang dapat menambah wawasan, pemahaman peserta didik mengenai materi yang sudah, telah dan akan diajarkan oleh guru pendidikan agama Islam namun, tetap dalam pengawasan guru apabila di lingkungan sekolah dan orang tua apabila di lingkungan keluarga. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dan desain penelitiannya yaitu asosiatif untuk mengetahui seberapa jauh pengaruh antara pemanfaatan situs keagamaan Islam sebagai sumber belajar dengan prestasi peserta didik, dengan data yang diperoleh melalui dokumentasi dan angket. Hasil penelitian ini menggunakan program IBM SPSS Versi 25. dengan 1) pemanfaatan situs keagamaan Islam sebagai sumber belajar berada pada kategori tinggi yaitu 82% dengan skor pemanfaatan situs keagamaan Islam sebagai sumber belajar berada dibawah kelompok rata-rata sebanyak 80 responden (40%), yang berada pada skor rata-rata sebanyak 15 responden (7,5%), dan yang berada pada kelompok diatas nilai rata-rata sebanyak 106 responden (53%). Hal ini diperoleh dari 17 item pernyataan dimana item pernyataan 1, 14 dan 17 memperoleh skor yang paling tinggi, item pernyataan 6 dan 13 memperoleh skor yang paling rendah dan item yang tidak disebutkan anatara keduanya memperoleh skor yang sedang. 2) prestasi peserta didik berada pada kategori tinggi yaitu 80% dengan skor prestasi peserta didik berada di bawah kelompok rata-rata sebanyak 92 responden (46%), yang berada pada skor rata-rata sebanyak 8 responden (4,0%), dan yang berada pada kelompok di atas nilai rata-rata sebanyak 101 responden (50,5%). Ini diperoleh dari 10 item pernyataan dimana item 1,4 dan 7 memperoleh skor tertinggi, item pernyataan 3 memperoleh skor terendah dan item yang tidak disebutkan antara keduanya berada pada skor yang sedang. Sehingga diketahui nilai signifikansi 0,000 ≤ 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak yang mengandung arti bahwa terdapat pengaruh antara pemanfaatan situs keagamaan Islam sebagai sumber belajar terhadap prestasi peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Situs Keagamaan Islam, Prestasi Peserta Didik, dan peserta didik |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Subhan Saleh |
Date Deposited: | 05 Oct 2021 02:53 |
Last Modified: | 05 Oct 2021 03:36 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2675 |
Actions (login required)
View Item |