Trianti, Vyvy (2020) Peran Guru Dalam Mengatasi Dekadensi Moral Peserta Didik di MTs DDI Kaluppang Kabupaten Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Preview |
Text (Sampul dan Abstrak)
16.1100.149 Sampul dan Abstrak.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
16.1100.149 BAB 1.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 2)
16.1100.149 BAB 2.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 3)
16.1100.149 BAB 3.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 4)
16.1100.149 BAB 4.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 5)
16.1100.149 BAB 5.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
16.1100.149 Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang peran guru dalam mengatasi dekadensi moral peserta didik di MTs DDI Kaluppang Kabupaten Pinrang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk-bentuk dekadensi moral peserta didik dan peran guru dalam mengatasi dekadensi moral peserta didik di MTs DDI Kaluppang Kabupaten Pinrang. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan dalam pengumpulan data digunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan trianggulasi. Sumber data yaitu dari kepala madrasah, guru PKN, guru aqidah akhlak, guru qur’an hadits dan guru kesiswaan. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan uji keabsahan data yang meliputi uji kredibilitas, uji transferability, uji dependability dan uji konfirmability. Hasil penelitian yang didapatkan selama penelitian berlangsung di MTs DDI Kaluppang Kabupaten Pinrang yaitu (1) bentuk-bentuk dekadensi moral peserta didik seperti a) melanggar tata tertib sekolah seperti bolos, cara berpakaian dan disiplin waktu, b) Kurangnya sopan santun seperti kurangnya rasa hormat terhadap guru, orang tua dan sesama peserta didik, dan bertutur kata kasar, c) Bullying dan perkelahian antar pelajar. (2) peran guru dalam mengatasi dekadensi moral peserta didik di MTs DDI Kaluppang yaitu (1) Guru senantiasa membimbing dan membina peserta didik yang mengalami perilaku-perilaku yang tidak sesuai dengan moral. (2) Guru menjadi teladan bagi peserta didik dengan memperlihatkan contoh moral yang baik dalam lingkungan sekolah, keluarga dan masyarakat. (3) Hambatan-hambatan yang dialami guru dalam mengatasi dekadensi moral peserta didik yaitu a) Tidak adanya efek jera bagi peserta didik yang telah diberikan sanksi, b) Pengaruh teknologi, c) Kurangnya partisipasi orang tua dan guru dalam membina moral peserta didik. Dari hasil wawancara mengenai peran guru, diketahui bahwa peran guru di MTs DDI Kaluppang dalam mengatasi dekadensi moral peserta didik belum optimal atau mengalami anomali, karena tidak semua guru dapat menjalankan tugasnya dengan baik, hanya sebagian guru yang ikutserta dalam membina moral peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Dekadensi Moral, Peran Guru |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Subhan Saleh |
Date Deposited: | 25 Oct 2021 09:31 |
Last Modified: | 25 Oct 2021 09:31 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2717 |
Actions (login required)
View Item |