Setiawan, Angga (2021) Implementasi Etika Bisnis Islam terhadap Praktik Pedagang di Pasar Sentral Rappang Kabupaten Sidrap. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Sampul dan Abstrak]
Preview
Text (Sampul dan Abstrak)
16.2400.010 Sampul dan Abstrak.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
16.2400.010 BAB 1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 2]
Preview
Text (BAB 2)
16.2400.010 BAB 2.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 3]
Preview
Text (BAB 3)
16.2400.010 BAB 3.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 4]
Preview
Text (BAB 4)
16.2400.010 BAB 4.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
16.2400.010 BAB 5.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka dan Lampiran]
Preview
Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
16.2400.010 Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Prinsip pengetahuan akan etika bisnis Islam mutlak harus dimiliki oleh setiap individu yang melakukan kegiatan ekonomi baik itu seorang pebisnis atau pedagang yang melakukan aktivitas ekonomi. Terutama para pedagang rempah-rempah di pasar Sentral Rappang yang melakukan transaksi jual beli. Namun pada faktanya, sebagian besar pedagang masih banyak yang menerapkan pengaturan kualitas barang dan timbangan dimana berat barang yang ditimbang tidak sesuai dengan timbangan yang sebenarnya sehingga menimbulkan spekulasi bagi pelaku bisnis dalam hal ini adalah pedagang yang ada di Pasar Sentral Rappang terkait tentang penerapan etika bisnis Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode observasi non-partisipan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data diperoleh dari hasil wawancara, catatan lapangan, dan lainnya. Kemudian disusun sistematis sehingga mudah dipahami dan menjabarkan dalam bentuk kutipan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Etika bisnis menurut Islam yaitu etika-etika yang harus dimiliki oleh setiap pelaku bisnis yang berlandaskan Al Qur’an dan Hadist yang harus diterapkan dalam kegiatan berbisnis khususnya dalam bisnis jual beli . 2) dua aspek yang menjadi indikator yang memengaruhi perilaku pedagang rempah-rempah di pasar sentral Rappang Kabupaten Sidrap, yaitu faktor pendidikan dan faktor pengalaman. 3) Secara garis besar penerapan prinsip-prinsip etika bisnis Islam diterapkan dengan baik meskipun secara keilmuan belum dipahami menyeluruh dan masih ada beberapa pedagang rempah-rempah yang belum menerapkan beberapa prinsip etika bisnis Islam yaitu prinsip kebajikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Etika Bisnis Islam, Pedagang
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140199 Economic Theory not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 30 Aug 2021 05:45
Last Modified: 30 Aug 2021 05:45
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2556

Actions (login required)

View Item View Item