Hastuti, Widya (2020) Strategi Guru dalam Memotivasi Belajar Mengaji Anak TPA Nurul Aisyah di Kabupaten Bone (Tinjauan Pendidikan Agama Islam). Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Preview |
Text (Sampul dan Abstrak)
16.1100.035 Sampul dan Abstrak.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
16.1100.035 BAB 1.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 2)
16.1100.035 BAB 2.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 3)
16.1100.035 BAB 3.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 4)
16.1100.035 BAB 4.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 5)
16.1100.035 BAB 5.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
16.1100.035 Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
Secara umum strategi mempunyai pengertian suatu garis-garis besar haluan untuk bertindak dalam usaha untuk mencapai sasaran yang telah ditentukan. Motivasi belajar merupakan segala sesuatu yang ditujukan untuk mendorong atau memberikan semangat kepada seseorang atau anak didik yang melakukan kegiatan belajar agar menjadi lebih giat lagi dalam belajarnya untuk memperoleh prestasi yang lebih baik. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru dalam memotivasi belajar mengaji anak TPA Nurul Aisyah di Kabupaten Bone ditinjau dari Pendidikan Agama Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Motivasi belajar mengaji anak-anak TPA Nurul Aisyah dapat ditarik kesimpulan bahwa anak-anak memiliki motivasi yang sangat tinggi, mereka sangat antusias dalam menerima segala pelajaran yang diberikan kepada mereka dengan berbagai strategi yang digunakan oleh gurunya. Adapun Strategi guru dalam memotivasi belajar mengaji anak TPA Nurul Aisyah yaitu (1) Menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. (2) pemberian tugas. (3) pemberian motivasi dan semangat belajar. (4) menanamkan rasa cinta Al-Qur’an pada diri peserta didik. (5) menambahkan kegiatan-kegiatan tambahan di luar pembelajaran mengaji. (6) melakukan pendekatan khusus pada peserta didik yang mengalami kendala dalam pembelajaran mengaji, dan memahami kendalanya, apa penyebabnya dan menemukan cara untuk mengatasinya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Guru, Motivasi Belajar Mengaji |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Subhan Saleh |
Date Deposited: | 27 Apr 2021 02:41 |
Last Modified: | 27 Apr 2021 02:41 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2297 |
Actions (login required)
View Item |