Syamsuriati, Syamsuriati (2021) Dekontruksi Peran Remaja Masjid dalam Pembinaan Akhlak Anak di TK TPA Al Hidayah Kampung Baru Kec.Bacukiki Barat Kota Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Sampul dan Abstrak] Text (Sampul dan Abstrak)
16.1100.103 Sampul dan Abstrak.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
16.1100.103 BAB 1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
16.1100.103 BAB 2.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
16.1100.103 BAB 3.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
16.1100.103 BAB 4.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
16.1100.103 BAB 5.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka dan Lampiran] Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
16.1100.103 Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan remaja masjid dalam pembinaan akhlak anak di TK/TPA Al-Hidayah kampung baru Kec. Bacukiki Barat Kota Parepare. Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode deskriptif kualitatif, data dalam penelitian ini diperoleh dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis datanya menggunakan metode deduktif dan metode komperatif. Masjid menjadi tempat pembinaan umat Islam sejak dari zaman Nabi Muhammad saw sampai sekarang ini. Masjid selain merupakan tempat untuk menunaikan ibadah shalat juga dapat dipergunakan untuk kepentingan sosial seperti halnya pembinaan akhlak, kajian keislaman, pengajian, serta kegiatan lain yang merujuk pada keislaman. Remaja masjid merupakan sebuah organisasi atau sekelompok remaja islam yang mempergunakan masjid sebagai pusat utama dalam berkegiatan yang sifatnya dapat memakmurkan masjid. sesuai dengan judul yang penulis angkat maka remaja masjid memiliki beberapa peran dalam hal pembinaan akhlak yaitu sebagai educator, konselor, tutor, dan fasilitator. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) peranan remaja masjid dalam pembinaan akhlak anak di TK/TPA Al-Hidayah memiliki peranan yang sangat penting, remaja masjid berperan penting pada kegiatan inti yakni mengenalkan huruf-huruf hijaiyah dan cara penyebutannya serta menulis Al-Qur’an dengan baik dan benar, membimbing anak-anak dalam menghafal bacaan shalat serta tata cara penerapannya, mengajarkan doa sehari-hari serta mengajarkan sopan santun baik sesama temannya maupun kepda orang yang lebih tua darinya. Adapun di dalam proses pembelajaran hambatan yang ditemui ada beberapa diantaranya yaitu, adanya berbedaan setiap anak dikarenakan faktor latar belakang keluarga berbeda, adanya santri yang susah diatur, dan tidak adanya ruangan khusus untuk pembinaan akhlak pada santri TK/TPA, adapun solusi yang dilakukan remaja masjid yakni, memodifikasi penggunaan metode, memberikan perhatian ekstra terhadap santri TK/TPA, dan menanamkan nilai-nilai kedisiplinan dalam diri santri TK/TPA.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembinaan Akhlak Anak, Remaja Masjid
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 14 Jun 2022 06:45
Last Modified: 14 Jun 2022 06:45
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/3619

Actions (login required)

View Item View Item