Jaya, A. Muh. (2020) Pengaruh Kedisiplinan Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII di Mts Al-Badar Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Sampul dan Abstrak] Text (Sampul dan Abstrak)
15.1100.139 Sampul dan Abstrak.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
15.1100.139 BAB 1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
15.1100.139 BAB 2.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
15.1100.139 BAB 3.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
15.1100.139 BAB 4.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
15.1100.139 BAB 5.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka dan Lampiran] Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
15.1100.139 Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Hasil belajar merupakan tolak ukur kemampuan peserta didik setelah melakukan kegiatan selama periode waktu tertentu. Hasil belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu kedisiplinan peserta didik. Perbedaan kedisiplinan peserta didik masing-masing peserta didik memunculkan hasil belajar yang berbeda-beda pila seperti halnya kedisiplinan peserta didik kelas VIII MTs Al-Badar Parepare berdasarkan latar belkang tersebut, maka peneliti ini bertujuan untuk mengetahui: 1. Kedisiplinan peserta didik kelas VIII di MTs Al-Badar ParePare 2. Hasil belajar akidah akhlak kelas VIII di MTs Al-Badar ParePare 3. Pengaruh kedisiplinan peserta didik terhadap hasil belajar akidah akhlak kelas VIII di MTs Al-Badar ParePare. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantiatif asosiatif dan disain penelitiannya adalah kuantitatif korelasional. Sampel penelitian yang digunakan peneliti adalah total sampling (sampling total) yakni keseluruhan jumlah populasi yang dijadikan sebagai sampel yang berjumlah 50 responden dari 50 populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, angket dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis datanya menggunakan teknik statistik deskriptif dan inferensial, dengan menggunakan bantuan software SPSS versi 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kedisiplinan pesrta didik berdasarkan nilai sig (2-tailed) diperoleh dari baris yaitu t= 0.000. karena nilai sig (2-tailed) = 0.000 ˂ α = 0.05 Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulakan bahwa kedisplinan peserta didik berpengaruh signifikan atau positif terhadap hasil belajar pada mata pelajaran akidah akhlak di kelas VIII MTs Al-Badar Parepare dari yang ditetapkan. (2) hasil belajar akidah akhlak berdasarkan nilai sig (2-tailed) diperoleh dari baris yaitu t= 0.000. karena nilai sig (2-tailed) = 0.000 ˂ α = 0.05 Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulakan bahwa kedisplinan peserta didik berpengaruh signifikan atau positif terhadap hasil belajar pada mata pelajaran akidah akhlak di kelas VIII MTs Al-Badar Parepare dari yang ditetapkan. (3) terdapat pengaruh signifikan antara kedisiplinan peserta didk terhadap hasil belajar akidah akhlak kelas VIII MTs Al-Badar Parepare, hasil perhitungan diperoleh nilai signifikansi = 0.044 ˂ 0.05, maka Ho ditolak artinya regresi X dan Y adalah signifikan atau kedisiplinan peserta didik berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar akidah akhlak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan Peserta Didik, Hasil Belajar Akidah Akhla
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 14 Jun 2022 06:14
Last Modified: 14 Jun 2022 06:14
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/3618

Actions (login required)

View Item View Item