Marsiah, Marsiah (2021) Analisis Maslahah Terhadap Implementasi UU No 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen pada Pelaku Usaha Jasa Angkutan di Simboro Kab. Mamuju. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Preview |
Text (Sampul dan Abstrak)
16.2200.163 Sampul dan Abstrak.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
16.2200.163 BAB 1.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 2)
16.2200.163 BAB 2.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 3)
16.2200.163 BAB 3.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 4)
16.2200.163 BAB 4.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 5)
16.2200.163 BAB 5.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
16.2200.163 Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimana pemenuhan hak-hak konsumen pengguna jasa angkutan di Simboro Kab. Mamuju? (2) Bagaimana tindakan pelaku usaha jasa angkutan di Simboro Kab. Mamuju? (3) Bagaimana kebijakan pemerintah terhadap pemberlakuan UU No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen di Simboro Kab. Mamuju? (4) Bagaimana analisis maslahah terhadap pelaku usaha jasa angkutan sehubungan dengan implementaasi UU No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen? Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan teologis normatif dan pendekatan yuridis. Data dalam penelitian ini diperoleh dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dan akan dianalisis dengan cara mereduksi data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian ini disimpulkan bahwa: (1) Hak konsumen yang terpenuhi yaitu perlakuan adil dari pelaku usaha jasa angkutan, hak untuk di dengar pendapat dan keluhannya oleh pelaku usaha, dan sikap jujur terbuka dari pelaku usaha dalam memberikan informasi, sementara itu hak yang tidak terpenuhi yaitu hak atas kenyamanan, keamanan, dan keselamatan konsumen. (2) Tindakan pelaku usaha tidak sesuai dengan UU No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen yaitu kenyamanan, keamanan, dan keselamatan konsumen. (3) Tidak terdapat kebijakan dari pemerintah setempat sebagai respon terhadap tindakan pelaku usaha jasa angkutan di Kec. Simboro Kab. Mamuju. (4) Keberadaan jasa angkutan di Kecamatan Simboro sangat berarti bagi para pedagang dan pelaku usaha jasa angkutan itu sendiri. Jika jasa angkutan ditiadakan maka akan lebih menimbulkan kemudharatan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Jasa angkutan, Perlindungan Konsumen, Maslahah |
Subjects: | 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012799 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam > Program Studi Hukum Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Nur Yusaerah |
Date Deposited: | 09 Mar 2022 04:17 |
Last Modified: | 09 Mar 2022 04:17 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/3131 |
Actions (login required)
View Item |