Samad, Imam Kurniawan (2021) Opini Publik Eksternal Tentang Pembentukan Citra Kota Parepare. Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Preview |
Text (Sampul dan Abstrak)
16.3100.027 Sampul dan Abstrak.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
16.3100.027 BAB 1.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 2)
16.3100.027 BAB 2.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 3)
16.3100.027 BAB 3.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 4)
16.3100.027 BAB 4.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 5)
16.3100.027 BAB 5.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
16.3100.027 Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
Opini publik merupakan aspek penting dalam pembentukan citra kota. Opini publik merupakan ide, argumen, dan gagasan pemikiran dari masyarakat yang berfungsi sebagai masukan kepada pemerintah dalam menjalankan program terkait pembangunan kota, khususnya pembangunan citra kota. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui opini publik eksternal tentang citra Kota Parepare serta peran Humas pemerintah Kota Parepare dalam menanggapi opini publik dalm proses pembentukan citra kota. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif-deskriptif, dengan teknik pengumpulan data yang meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil Penelitian ini menyimpulkan bahwa 50% informan bersikap setuju dengan pembentukan citra Kota Parepare dengan tagline “Kota Industri Tanpa Cerobong Asap”, sedangkan 50% lainnya memilih tagline lain sebagai citra kota. Masyarakat tidak mempermasalahkan adanya beragam tagline, karena setiap tagline mewakili identitas kota. Masyarakat memberi saran agar pemerintah memilih satu tagline utama sebagai identitas kota secara komprehensif berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD). Opini tersebut merupakan bagian dari pembentukan citra kota. Humas Pemerintah Kota Parepare berperan sebagai fasilitator komunikasi, fasilitator pemecahan masalah, serta teknisi komunikasi yang bertugas untuk menghimpun opini publik terkait kinerja dan program pemerintah dalam proses pembentukan citra kota. Melalui fungsi pengaduan, Humas menghimpun dan menyampaikan opini publik sebagai masukan kepada pemerintah, sehingga pemerintah dapat menjadikan opini tersebut sebagai bahan pertimbangan dalam proses pembentukan citra Kota Parepare.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Citra Kota, Humas Pemerintah, Opini Publik |
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200199 Communication and Media Studies not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Subhan Saleh |
Date Deposited: | 01 Dec 2021 08:10 |
Last Modified: | 01 Dec 2021 08:10 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2795 |
Actions (login required)
View Item |