Hamka, Muh. Syahrul (2021) (Korelasi antara Hafalan Al-Qur’an dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Peserta Tahfidz di Asrama Ma’had al-Jami’ah IAIN Parepare). Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Preview |
Text (Sampul dan Abstrak)
16.1100.159 Sampul dan Abstrak.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
16.1100.159 BAB 1.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 2)
16.1100.159 BAB 2.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 3)
16.1100.159 BAB 3.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 4)
16.1100.159 BAB 4.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 5)
16.1100.159 BAB 5.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
16.1100.159 Daftar Pusaka dan Lampiran.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
Al-Qur’an merupakan petunjuk bagi umat manusia, kemulian yang akan diberikan bagi orang yang menghafalkannya, menghafal al-Qur’an salah satu aktivitas melatih kemampuan memori untuk menyimpan ayat-ayat al-Qur’an yang muliah dengan terbiasanya menstimulus kinerja otak maka akan mempengaruhi kemampuan belajar. Dengan menghafal al-Qur’an dengan hati ikhlas dan niat mulia maka ayat al-Qur’an akan selalu tersimpan dalam hati dan pikiran begitupun dengan ilmu, ilmu akan mudah diterimah jika diniatkan dengan ikhlas.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi hafalan al-Qur’an dengan prestasi akademik mahasiswa peserta tahfidz di Asrama Ma’had al-Jami’ah IAIN Parepare Jenis Penelitian ini adalah asosiatif kuantitatif dengan desain kuantitatif korelasional. Adapun sampel penelitian sebanyak 39 mahasiswaTeknik pengumpulan data yaitu dengan angket, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan deskriptif dan inferensial dengan menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hafalan al-Qur’an mahasiswa peserta tahfidz lebih cendrung pada kategori baik yaitu sebanyak 35 mahasiswa (89.7%) dari jumlah sampel sebanyak 39 mahasiswa. (2) Prestasi akademik mahasiswa peserta tahfidz lebih cendrung pada kategori baik yaitu sebanyak 35 mahasiswa (89.7%) dari jumlah sampel yang berjumlah 39 mahasiswa. (3) Terdapat korelasi yang signifikansi antara kegiatan hafalan al-Qur’an dengan prestasi akademik mahasiswa peserta tahfidz, yang dibuktikan dengan melalui hasil analisis data dari hasil angket dengan nilai signifikansi r_hitung = 0.607 >r_tabel0.316 pada taraf signifikan 5%. Besarnya hubungan hafalan al-Qur’an dengan kemampuan akademik mahasiswa peserta tahfidz adalah sebesar 60.7% dalam artian bahwa 40.3 % lainya ditentukan oleh variabel lain yang tidak diamati dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hafalan Al-Qur’an, Prestasi Akademik |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Subhan Saleh |
Date Deposited: | 26 Oct 2021 09:23 |
Last Modified: | 26 Oct 2021 09:23 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2720 |
Actions (login required)
View Item |