Nasriati, Nasriati (2021) Pembentukan nilai-nilai pendidikan pesantren dalam kaitannya dengan pengembangan akhlak pserta didik di pondok pesantren DDI Lil-Banat ujung Lare Kota Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Preview |
Text (Sampul dan Abstrak)
16.1100.022 Sampul dan Abstrak.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
16.1100.022 BAB 1.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 2)
16.1100.022 BAB 2.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 3)
16.1100.022 BAB 3.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 4)
16.1100.022 BAB 4.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 5)
16.1100.022 BAB 5.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
16.1100.022 Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
Nilai-nilai pendidikan merupkan kualitas sesuatu hal yang menjadikan hal itu disukai, diinginkan, dikejar, dihargai, berguna dan dapat membuat orang menghayatinya menjadi bermartabat. Dalam Islam setiap sesuatu yang diciptakan Allah Swt. memiliki nilai yang baik atau mulia, dan bermanfaat bagi umat manusia. Tidak ada satupun ciptaan Alla swt di dunia ini yang tidak ada nilai atau tidak baik, semua itu tergantung pada manusianya sendiri. Akhlak merupakan sesuatu sifat yang tertanam kuat dalam diri, yang darinya terlahir perbuatan-perbuatan dengan mudah dan ringan, tanpa perlu berpikir dan merenung. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif yang dilaksanakan di pondok pesantren DDI Lil-Banat Ujung Lare Kota Parepare. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. teknik analisis data dilakukan dengan melalui empat tahap yaitu reduksi kata, trianggulasi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembentukan nilai-nilai pendidikan di pondok pesantren DDI Lil-Banat ujung Lare. Nilai keteladanan yaitu sebagai pembina atau guru terlebih dahulu menjadi teladan yang utama kepada peserta didik untu di contoh dan dipatuhi oleh peserta didik, nilai kebersihan yaitu nilai yang harus ditanamkan dalam diri peserta didik baik kebersihan yang ada pada dirinya maupun menjaga kebersihan dalam lingkungannya seperti kegiatan jumat bersih, tidak membuang sampah sembarangan dan sesering mungkin mencuci tangan selama pandemi covid, nilai kedisiplinan yaitu peserta didik dilatih untuk tepat waktu melaksanakan shalat berjamaah di masjid dan mematuhi peraturan yang ada di pondok pesantren, nilai kemandirian seperti peserta didik dengan sendirinya melaksanakan kewajibannya selama mondok di pesantren, nilai kesopanan seperi bagaimana cara bertutur kata sopan santun kepada sesama dan peserta didik di ajarakan tentang adab-adab dalam sehari-hari, nilai kesederhanaan yaitu baik dalam berpakaian maupun berpenampilan, nilai kejujuran, nilai keiklasan yaitu peserta didik bersunguh-sunguh dalam mengikuti program yang ada di pondok pesantren. Pengembangan akhlak peserta didik yakni adanya perubahan dalam melaksanakan ibadah seperti melaksanakan shalat lima waktu, mengikuti pengajian di masjid, sopan santun dalam bertutur kata, menjaga adab-adab dalam keseharian peserta didik, kesederhanaan dalam berpakaian, bertanggun jawab dalam melaksanakan kewajibannya sebagai peserta didik di pondok pesantren. faktor pendukung dalam mengembangkan akhlak peserta didik ialah adanya kerja sama dengan pembina, guru serta orang tua yang sangat menunjang terwujudnya perkembangan akhlak peserta didik, adapun faktor penghambat yang utama ialah masih ada orang tua peserta didik yang tidak mau kerja sama dengan pembina dan guru serta masih ada peserta didik yang masih kurang kesadaran di Pondok Pesantren DDI Lil-Banat Ujung Lare Kota Parepare.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembentukan nilai-nilai pendidikan, pengembangan akhlak |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Subhan Saleh |
Date Deposited: | 07 Oct 2021 09:05 |
Last Modified: | 07 Oct 2021 09:05 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2682 |
Actions (login required)
View Item |