Halida, Nur (2020) Penggunaan Metode Qira’ati Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Hadis di Madrasah Tsanawiyah DDI Kanang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Preview |
Text (Sampul dan Abstrak)
15.1100.132 Sampul dan Abstrak.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
15.1100.132 BAB 1.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 2)
15.1100.132 BAB 2.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 3)
15.1100.132 BAB 3.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 4)
15.1100.132 BAB 4.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 5)
15.1100.132 BAB 5.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
15.1100.132 Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penggunaan metode Qira’ati dalam pembelajaran al-Qur’an Hadis adalah pembelajaran membaca al-Qur’an yang lebih menekankan pada pendekatan keterampilan proses membaca secara cepat dan tepat, baik pada makhorijul khurufnya maupun bacaan tajwidnya, sehingga akan diperoleh hasil pengajaran yang efektif tahan lama dan tepat dikembangkan sesuai dengan kondisi kemampuan anak didik. Penggunaan metode Qira’ati ini tidak sembarang orang yang mengajarkannya. Pendidik yang menggunakan metode Qira’ati harus seorang yang professional yaitu guru yang mempunyai persyaratan dan memiliki syahadah/ijasah mengajar al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat penghayatan peserta didik terhadap penggunaan metode Qira’ati dalam pembelajaran al-Qur’an Hadis. Penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriftif, menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data bersifat induktif, yaitu suatu analisis data yang pola pelaksanaannya dari khusus ke umum yang penarikan kesimpulannya terkait peristiwa, kejadian yang terjadi di lokasi penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) penggunaan metode Qiraa’ati dalam pembelajaran al-Qur’an Hadis di Mts DDI Kanang melalui proses pembelajaran dengan menggunakan metode Qira’ati yang di aplikasikan dalam pemeblajaran al-Qur’an Hadis. Metode ini bisa menunjang keberhasilan pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengikuti proses pembelajaran. (2) faktor pendukung dalam penggunaan metode Qira’ati dalam pembelajaran al-Qur’an Hadis adalah pendidik, sarana dan prasarana, penggunaan LCD, penyediaan media belajar, Buku al-Qur’an Hadis. (3) faktor penghambat penggunaan metode Qira’ati dalam pembelajaran al-Qur’an Hadis adalah lingkungan, kejelasan suara, kebersihan kelas, kesiapan peserta didik, dan konsentrasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode Qira’ati, al-Qur’an Hadi |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Subhan Saleh |
Date Deposited: | 04 Oct 2021 01:52 |
Last Modified: | 05 Oct 2021 01:01 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2673 |
Actions (login required)
View Item |