Alvionita, Sibi (2021) Korelasi Antara Model Problem Based Learning Terhadap Keaktifan dan Minat Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 3 Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Sampul dan Abstrak]
Preview
Text (Sampul dan Abstrak)
16.1100.136 Sampul dan Abstrak.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
16.1100.136 BAB 1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 2]
Preview
Text (BAB 2)
16.1100.136 BAB 2.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 3]
Preview
Text (BAB 3)
16.1100.136 BAB 3.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 4]
Preview
Text (BAB 4)
16.1100.136 BAB 4.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
16.1100.136 BAB 5.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka dan Lampiran]
Preview
Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
16.1100.136 Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Problem based learning adalah pembelajaran yang penyampaiannya dilakukan dengan cara menyajikan suatu permasalahan, mengajukan pertanyaan-pertanyaan, memfasilitasi penyelidikan, membuka dialog. Keaktifan belajar adalah yang dialami peserta didik behubungan dengan segala aktivitas yang terjadi, baik secara fisik maupun non fisik keaktifan akan menciptakan situasi belajar yang aktif. Minat belajar adalah kecenderungan jiwa yang relatif menetap kepada diri seorang dan biasanya disertai dengan perasaan senang Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah korelasi antara model problem based learning terhadap keaktifan dan minat belajar pendidikan agama islam peserta didik kelas X SMA Negeri 3 Pinrang. Jenis penelitian kuantitatif, khususnya kuantitatif korelasional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu random sampling.Sampel penelitian sebanyak orang 95 dari 125 populasi. Teknik pengumpulan datanya yaitu angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keaktifan Belajar di SMA Negeri 3 Pinrang diperoleh berdasarkan Tests of Between-Subjects Effects di atas diketahui nilai sig adalah sebesar 0,000 < 0,05 sehingga H1diterima dan H0ditolak artinya terdapat hubungan antara model problem based learning dengan keaktifan belajar, kemudian Minat Belajar di SMA Negeri 3 Pinrang berdasarkan Tests of Between-Subjects Effects di atas diketahui nilai sig adalah sebesar 0,000 < 0,05 sehingga H1diterima dan H0ditolak artinya terdapat hubungan antara model problem based learning dengan minat belajar(2) Terdapat hubungan yang signifikan antara Model Problem Based Learning terhadap Keaktifan dan Minat Belajar di SMA Negeri 3 Pinrang yang dibuktikan dengan nilai sig(0,000 < 0,05), maka H1 diterima. Selain itu dari output nilai R Square atau r2= 0,633 nilai ini mengandung arti bahwa hubungan Model Problem Based Learning (X) terhadap Keaktifan Belajar di SMA Negeri 3 Pinrang (Y1) sebesar 63,3%. Sedangkan nilai R Squared atau r2= 0,482 nilai ini mengandung arti bahwa hubungan Model Problem Based (X) terhadap Minat Belajar di SMA Negeri 3 Pinrang (Y2) sebesar 48,2%. Kemudian sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning, Keaktifan Belajar, Minat Belajar
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 01 Jul 2021 01:03
Last Modified: 01 Jul 2021 01:03
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2426

Actions (login required)

View Item View Item