Mardan, Azizah (2019) Pengembangan Media Pembelajaran Hormat dan Patuh kepada Orang Tua dan Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam pada kelas IV SDN 158 Mundan Enrekang. Masters thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Sampul dan Abstrak]
Preview
Text (Sampul dan Abstrak)
14.0211.009 Sampul dan Abstrak.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
14.0211.009 BAB 1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 2]
Preview
Text (BAB 2)
14.0211.009 BAB 2.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 3]
Preview
Text (BAB 3)
14.0211.009 BAB 3.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 4]
Preview
Text (BAB 4)
14.0211.009 BAB 4.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
14.0211.009 BAB 5.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka dan Lampiran]
Preview
Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
14.0211.009 Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah pengembangan media dan kelayakan produk media pembelajaran bagi peserta didik kelas IV SDN 158 Mundan Enrekang pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi hormat dan patuh kepada orang tua dan guru. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang diadaptasi dan dimodifikasi dari model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu: 1) tahap analisis (analyisis). 2) tahap desain produk (design). 3) tahap pengembangan dan produksi (development and production). 4)tahap implementasi (Implementation), desain multimedia diuji cobakan terhadap peserta didik yang meliputi uji coba awal, uji coba lapangan utama, dan uji coba operasional. Data hasil angket ahli materi dan ahli media dianalisis dengan konversi skala Likert. Sedangkan data hasil angket peserta didik dianalisis dengan skala Guttman. 5) tahap evaluasi (evaluation), dilakukan pada setiap tahapan pengembangan guna penyempurnaan produk, selain itu untuk mengetahui kelebihan dan kelemahan produk yang dihasilkan. Hasil penilaian dari 2 orang ahli media masing-masing sebesar 92,5% dan 85% yang termasuk dalam kategori sangat valid. Sedangkan penilaian dari 2 orang ahli materi masing –masing sebesar 85,45 % dan 83,63% yang keduanya termasuk dalam kategori sangat valid. Sedangkan pada hasil uji coba lapangan awal diperoleh hasil ‚layak‛ (0,8), pada hasil uji coba lapangan utama diperolah hasil ‚layak‛ (0,90), dan pada hasil uji coba lapangan operasional mengalami peningkatkan pada angka 0,95 atau termasuk dalam kategori layak. Secara keseluruhan produk media pembelajaran hormat dan patuh kepada orang tua dan guru dikatakan layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, hormat dan patuh kepada orang tua dan guru
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 23 Jun 2021 01:27
Last Modified: 23 Jun 2021 01:27
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2411

Actions (login required)

View Item View Item