Hasmawati, Hasmawati (2021) Pengaruh Metode Tutor sebaya Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran al-Qur’an dan Hadis di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Preview |
Text
16.1100.050 Sampul dan Abstrak.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
16.1100.050 BAB 1.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 2)
16.1100.050 BAB 2.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 3)
16.1100.050 BAB 3.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 4)
16.1100.050 BAB 4.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 5)
16.1100.050 BAB 5.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
16.1100.050 Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
Metode tutor sebaya atau adalah salah satu metode pembelajaran yang di mana siswa yang memiliki daya serap tinggi untuk mengajarkan materi kepada teman-temannya yang belum paham. Hasil belajar merupakan suatu hal yang diperoleh seorang siswa selama berlangsungnya proses pembelajaran dalam jangka waktu tertentu yaitu dalam bentuk nilai raport. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh metode tutor sebaya terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran al-Qur’an dan Hadis kelas IX di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Parepare. Jenis penelitian yang digunakan adalah asosiatif kuantitatif dengan desain penelitian kuantitatif korelasional. Adapun sampel penelitian sebanyak 63 orang dari 170 populasi dari jumlah siswa kelas IX secara keseluruhan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik probability sampling, yaitu teknik pengumpulan sampel yang memberikan peluang yang sama kepada setiap anggota populasi untuk menjadi sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi dan dokumentasi dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif dan inferensial dengan rumus regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) metode tutor sebaya berada pada kategori sedang 71,86% yang dibuktikan dengan menganalisis hasil angket dari 63 responden. (2) hasil belajar al-Qur’an dan Hadis berada pada kategori tinggi yaitu 86,66%. (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara metode tutor sebaya terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran al-Qur’an dan Hadis kelas IX di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Parepare, yang dibuktikan melalui analisis data dari hasil angket berdasarkan pada uji regresi linear sederhana menunjukkan bahwa Y = 78,134 + 0,270 X, pada uji hipotesis dan uji korelasi menunjukkan bahwa R^2 = 0,147 atau 0,147 x 100% = 14,7%, dengan demikian H_1 diterima dan H_0 ditolak, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa metode tutor sebaya berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran al-Qur’an dan Hadis kelas IX di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Parepare dengan kontribusi yang diberikan adalah 14,7% sedangkan 85,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Tutor Sebaya, Hasil belajar |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Subhan Saleh |
Date Deposited: | 07 Jun 2021 02:55 |
Last Modified: | 07 Jun 2021 02:55 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2350 |
Actions (login required)
View Item |