Ramadani, Suci (2021) Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Daring di SMP Negeri 1 Mallusetasi Kabupaten Barru. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Preview |
Text (Sampul dan Abstrak)
16.1100.133 Sampul dan Abstrak.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
16.1100.133 BAB 1.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 2)
16.1100.133 BAB 2.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 3)
16.1100.133 BAB 3.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 4)
16.1100.133 BAB 4.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 5)
16.1100.133 BAB 5.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
16.1100.133 Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
Upaya adalah usaha yang dilakukan untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai. Adapun upaya yang dilakukan oleh guru yaitu untuk mengatasi kesulitan belajar yang dialami oleh peserta didik melalui daring di SMP Negeri 1 Mallusetasi. Kesulitan belajar adalah adanya perbedaan antara perilaku yang diharapkan dengan perilaku yang telah dicapai secara nyata. Atas dasar itu peneliti meneliti tentang bagaimana upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik pada pembelajaran pendidikan agama Islam melalui daring di SMP Negeri 1 Mallusetasi Kabupaten Barru. Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah deskriptif kualitatif. Dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yang peneliti peroleh yaitu dengan mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data yang digunakan peneliti yaitu keteralihan, derajat kepercayaan, ketergantungan dan kepastian. Hasil penelitian di SMP Negeri 1 Mallusetasi bahwa Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam peneliti melihat bahwa dalam proses pembelajaran mengalami beberapa masalah dalam kesulitan belajar yaitu 1) mengalami penurunan nilai, bersikap acuh tak acuh dalam pembelajaran, lambat dalam mengerjakan dan mengumpulkan tugas yang diberikan serta peserta didik tidak menyukai belajar melalui daring. 2) Faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar peserta didik yaitu pemahaman peserta didik yang kurang terhadap materi yang diajarkan, minat peserta didik yang kurang, kurangnya motivasi dalam belajar, kuota internet, sosial media, minimnya pengawasan dalam belajar, dan jenuh menggunakan smartphone. 3) Upaya yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi kesulitan belajar yaitu pengamatan, pendekatan, bimbingan, dan evaluasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Upaya Guru, Kesulitan Belajar, Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Subhan Saleh |
Date Deposited: | 22 Apr 2021 03:36 |
Last Modified: | 22 Apr 2021 03:36 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2294 |
Actions (login required)
View Item |