Nurdin, Yasyfini (2021) Pengaruh Metode Pemberian Tugas Terhadap Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas XI Pada Pembelajaran Aqidah Akhlak Secara Daring di MAN 1 Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Preview |
Text (Sampul dan Abstrak)
16.1100.129 Sampul dan Abstrak.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
16.1100.129 BAB 1.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 2)
16.1100.129 BAB 2.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 3)
16.1100.129 BAB 3.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 4)
16.1100.129 BAB 4.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 5)
16.1100.129 BAB 5.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
16.1100.129 Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
Metode pemberian tugas merupakan metode yang digunakan pendidik dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada peserta didik dengan cara memberikan tugas kepada mereka agar melakukan kegiatan belajar dengan rentang waktu tertentu dan hasilnya harus dipertanggungjawabkan kepada pendidik. Kemandirian belajar peserta didik merupakan sikap dan perilaku yang dimiliki peserta didik untuk melakukan kegiatan belajar secara aktif. Tidak mudah bergantung pada orang lain, dan mampu mengontrol proses belajarnya serta bertanggung jawab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh metode pemberian tugas secara signifikan terhadap kemandirian belajar peserta didik kelas XI pada pembelajaran Aqidah akhlak secara daring di MAN 1 Parepare. Jenis penelitian kuantitatif, khususnya kuantitatif asosiatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu simple random sampling. Sampel penelitian sebanyak 70 orang dari 84 populasi. Teknik pengumpulan datanya yaitu angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan infrensial. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penggunaan Metode pemberian tugas kelas XI pada pembelajaran Aqidah akhlak secara daring di MAN 1 Parepare termasuk kategori sedang yaitu sebesar 70% dengan nilai sig = 0,000 < α = 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. (2) Kemandirian belajar peserta didik kelas XI pada pembelajara Aqidah akhlak secara daring di MAN 1 Parepare termasuk kategori tinggi yaitu sebesar 85% dengan nilai sig = 0,000 < α = 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara metode pemberian tugas terhadap kemandirian belajar peserta didik kelas XI pada pembelajaran Aqidah akhlak secara daring. Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil nilai sig 0,000 < 0,05 maka Ha diterima selain itu dari persamaan regresi Ŷ = 27,327 + 0,460 X. Nilai R sebesar 573 dan diketahui nilai R Square sebesar 0,328. Nilai ini mengandung arti bahwa pengaruh metode pemberian tugas (X) terhadap kemandirian belajar (Y) sebesar 32,8%, sedangkan 67,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Pemberian Tugas, Kemandirian Belajar Peserta Didik |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Subhan Saleh |
Date Deposited: | 22 Apr 2021 02:05 |
Last Modified: | 22 Apr 2021 02:05 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2293 |
Actions (login required)
View Item |