Najamuddin M, Najamuddin M (2020) Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru Akidah Akhlak Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Kelas VIII di Mts DDI Kanang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Preview |
Text (Sampul dan Abstrak)
16.1100.057 Sampul dan Abstrak.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (645kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
16.1100.057 BAB 1.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (425kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 2)
16.1100.057 BAB 2.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (681kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 3)
16.1100.057 BAB 3.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (665kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 4)
16.1100.057 BAB 4.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (613kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 5)
16.1100.057 BAB 5.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (546kB) | Preview |
Preview |
Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
16.1100.057 Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besarnya pengaruh keterampilan mengajar guru aqidah akhlak terhadap minat belajar peserta didik kelas VIII di MTs DDI Kanang Kab. Polewali Mandar. Subjek penelitian (responden) adalah seluruh peserta didik kelas VIII MTs DDI Kanang Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Random Sampling, yaitu teknik penentuan sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi. Di peroleh sampel sebanyak 70 peserta didik dari populasi 178 peserta didik. Metode pengambilan data menggunakan angket (koesioner). Pada pengujian analisis data di atas telah di peroleh masing-masing variabel. Skor yang ideal untuk keterampilan mengajar guru adalah 4 x 20 x 70 = 5600. Berdasarkan data yang terkumpul (tabel 4.45) ditemukan bahwa jumlah skor variabel keterampilan mengajar guru yan di peroleh adalah 4316. Dengan demikian, nilai untuk keterampilan mengajar guru adalah 4316 : 5600 = 0,7707 = 77% dari yang diharapkan. Jadi nilai untuk keterampilan mengajar guru sebanyak 77% dari 100% dari hasil yang diharapkan, artinya keterampilan mengajar guru yang digunakan di MTs DDI Kanang termasuk dalam kategori baik. Selanjutnya, skor ideal untuk minat belajar peserta didik adalah 4 x 20 x 70 = 5600. Berdasarkan data yang terkumpul (tabel 4.45). Ditemukan bahwa jumlah skor variabel minat belajar peserta didik yang diperoleh dari pengumpulan data adalah 4373. Dengan demikian, nilai untuk minat belajar peserta didik adalah 4373 : 5600 = 0,7808 = 78% dari yang diharapkan. Jadi nilai untuk minat belajar peserta didik sebanyak 78% dari hasil yang diharapkan, artinya minat belajar peserta didik di MTs DDI Kanang. Termasuk dalam kategori baik. Pengaruh keterampilan guru akidah akhlak terhadap minat belajar peserta didik kelas VIII di MTs DDI Kanang. Berdasarkan pengujian hipotesis yang telah dilakukan oleh penulis, dapat disimpulkan bahwa besarnya keterampilan mengajar guru akidah akhlak terhadap minat belajar peserta didik adalah sebesar 99% dalam arti bahwa 1% lainya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak di amati oleh peneliti.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Mengajar, Minat belajar |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Subhan Saleh |
Date Deposited: | 23 Feb 2021 02:22 |
Last Modified: | 24 Feb 2021 01:10 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2165 |
Actions (login required)
View Item |