SULFIANI, SULFIANI (2025) EFEKTIVITAS VIDEO PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SD NEGERI 008 SULEWATANG KABUPATEN POLEWALI MANDAR. Other thesis, IAIN Parepare.
|
Text (Full Teks)
SULFIANI_2220203886108060_TESIS.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
Tesis ini membahas Penggunaan Video Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik kelas V di SD Negeri 008 Sulewatang. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur keefektivan penggunaan video pembelajaran dalam peningkatan motivasi belajar peserta didik keas V SD Negeri 008 Sulewatang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain deskriptif, menggunakan instrument angket untuk mengumpulkan data dari 25 peserta didik. Sampel penelitian terdiri dari 25 peserta didik kelas V yang dipilih menggunakan purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan uji regresi linear sederhana. Lokasi yang menjadi tempat penlitian ini adalah SD Negeri 008 Sulewatang. Hasil penelitian ini menunjukkan, (1) peserta didik kelas V Sd Negeri 008 Sulewatang memiliki motivasi belajar yang tinggi berdasarkan hasil angket perolehan rata-rata skor lima dan empat, diketahui nilai Signifikasi Sig variabel Efektifitas video pembelajaran adalah sebesar 0,014. Karena nilai Sig. 0,014 < probabilitas 0,05 maka dapat di simpulkan bahwa Ha atau hipotesis pertama diterima. Artinya terdapat pengaruh video pembelajaran (X) terhadap motivasi belajar (Y). (20) Diketahui niai t hitung variabel Efektivitas video pembelajaran adalah sebesar 2,667. Karena nilai t hitung 2,667 > 1,71387. sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima H0, yang berarti penggunaan video pembelajaran Pendidikan agama Islam efektif dalam peningkatan motivasi belajar peserta didik. (3) Diketahui nilai R Square sebesar 0,236. Nilai ini mengandung arti bahwa pengaruh efektivitas video pembelajaran (X) terhadap motivasi belajar (Y) adalah sebesar 23,6% sedangkan 72,4% motivasi belajar dipengaruhi oleh variabel yang lain yang tidak diteliti. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran Pendidikan agama islam efektif digunakan dalam peningkatan motivasi belajar peserta didik kelas V di SD Negeri 008 Sulewatang Kabupaten Polewali Mandar
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, Media video pembelajaran, Motivasi belajar |
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130306 Educational Technology and Computing 19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1902 Film, Television and Digital Media > 190205 Interactive Media |
| Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | fatma fatmawati fatma |
| Date Deposited: | 04 Nov 2025 07:39 |
| Last Modified: | 04 Nov 2025 07:39 |
| URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11447 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
