Nurdiana, Nurdiana (2025) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERDASARKAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR BERBASIS BUDAYA LOKAL PADA KELAS X MAN 2 POLMAN. Other thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Teks] Text (Full Teks)
2120203888104004.pdf - Accepted Version

Download (18MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Pengembangan Modul Pembelajaran Bahasa Arab Berdasarkan Kurikulum Merdeka belajar Berbasis Budaya Lokal Pada kelas X MAN 2 Polman. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana prototype modul ajar bahasa Arab yang sesuai dengan kurikulum merdeka belajar dan berbasis budaya lokal pada kelas X MAN 2 Polman? 2)Bagaimana kevalidan kepraktisan modul ajar bahasa Arab yang sesuai dengan kurikulum merdeka belajar dan berbasis budaya lokal pada kelas X MAN 2 Polman? 3) Bagaimana keefektivan modul ajar Bahasa Arab yang sesuai dengan kurikulum merdeka belajar dan berbasis budaya lokal pada MAN 2 Polman? Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and Development yang mengacu pada model Sugiyono (Potensi dan Masalah, Pengumpulan data, Desain Produk, Validasi Desain, Revisi Desain, Uji coba Produk, Revisi Produk, Uji Coba Pemakaian, Revisi Produk dan Produk Massal). Modul yang telah dikembangkan dilakukan pengujian kelayakan oleh validator ahli media dan ahli materi dan ahli pembelajaran, serta uji coba kelayakan berdasarkan respon peserta didik kelas X MAN 2 Polman sebanyak 30 peserta didik Hasil penelitian ini 1) Prototype modul ajar Bahasa Arab yang sesuai dengan kurikulum merdeka belajar dan berbasis budaya lokal pada kelas X MAN 2 Polman. 2) Modul ajar berbasis budaya lokal ini dinyatakan valid dengan melihat hasil validasi dari ahli materi dan ahli media mencapai 99,13% dan 92,30% kepraktisan dilihat dari persentase hasil ahli pembelajaran, hasil uji coba kelas kecil dan uji coba kelas besar mencapai 96,42%. 3) Modul ajar berbasis budaya lokal dinyatakan efektif dengan melihat nilai pretest dan posttest terdapat peningkatan sebesar 54%. Berdasarkan output tersebut diketahui bahwa nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000<0,05 jadi terdapat peningkatan hasil belajar dengan penggunaan modul ajar berbasis budaya lokal, maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, hal ini berarti modul ajar berbasis budaya lokal efektif digunakan dalam pembelajaran Bahasa Arab di tingkat Madrasah Aliyah.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Modul Pembelajaran Bahasa Arab, Kurikulum Merdeka, budaya lokal Mandar, Pengembangan
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: fatma fatmawati fatma
Date Deposited: 04 Nov 2025 02:44
Last Modified: 04 Nov 2025 02:44
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11435

Actions (login required)

View Item View Item