Wahyuni, Sri (2023) Penerapan Metode Blended Learning dalam rangka pencapaian Kriteria Ketuntasan Belajar (KKB) mata pelajaran IPS Kelas IX.3 di UPTD SMP Negeri 10 Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Pare pare.

[thumbnail of 18.1700.010.pdf] Text
18.1700.010.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian yang menggambarkan penerapan metode Blended Learning dalam mencapai Kriteria Ketuntasan Belajar (KKB)siswa.Blended Learning (Pembelajaran Campuran) adalah program pendidikan formal yang memiliki perpaduan pembelajaran dikelas secara Luring dan Daring. Penerapakan metode Blended Learning ini dilakukan agar tercapai proses pembelajaran yang dapat berjalan baik dan optimal, terkhususnya pada mata pelajaran IPS dan dinilai cocok dalam rangka mencapai Kriteria Ketuntasan Belajar (KKB). Berdasarkan teori dalam belajar tuntas, kegiatan yang dikatakan tuntas apabila mendapat nilai minimal 75 keatas, dan secara individu tercapai dengan baik siswa mendapat nilai minimum 75 sesuai dengan standar minimal ketuntasan belajarnya. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dari penerapan metode Blended Learning dalam pencapaian rangka Kriteria Ketuntasan Belajar (KKB) mata pelajaran IPS Kelas IX.3 di UPTD SMP Negeri 10 Parepare.Adapun teknik pengumpulan data digunakan berupa observasi dan test.Adapun teknik pengolahan data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan sebelum melakukan tindakan menerapkan metode Blended Learning : 1) test awal yang dilakukan terdapat 6 siswa tuntas (20%) dan 24 siswa tidak tuntas (80%) dengan ketuntasan klasikal 20% dan nilai rata-rata 57. 2) hasil belajar siswa setelah menerapkan metode Blended Learning pada siklus I terdapat 9 siswa telah tuntas (30%) dan 21 siswa tidak tuntas (70%) dengan ketuntasan klasikal 30% dan nilai rata-rata 66,2, sehingga belum mencapai Kriteria Ketuntasan Belajar (KKB) yaitu 75, Pada siklus II terdapat 28 siswa tuntas (93,33%) dan 2 siswa tidak tuntas (6,66%) dengan ketuntasan klasikal 93,33% dan nilai rata�rata 80, dan pada Siklus III terdapat 30 siswa tuntas (100%) dan 0 siswa yang tidak tuntas (0%) dengan ketuntasan klasikal 100% dan nilai rata-rata 95,33. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan pada hasil belajar siswa hingga Kriteria Ketuntasan Belajar (KKB) secara individual dan ketuntasan secara klasikal mengalami peningkatan dengan menggunakan metode Blended Learning

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kriteria Ketuntasan Belajar (KKB), Mata Pelajaran IPS, Metode Blended Learning
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130307 Ethnic Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: faqih Mahasiswa mbkm
Date Deposited: 15 Oct 2024 01:21
Last Modified: 15 Oct 2024 01:21
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8875

Actions (login required)

View Item View Item