Nasaruddin, Nasaruddin (2024) Analisis Penilaian Pada Kurikulum K13 dan Kurikulum Merdeka di SMA Polewali Mandar. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
2120203879102014.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
Kurikulum 2013 menerapkan penilaian autentik untuk menilai kemajuan belajar peserta didik yang meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan, sedangkan Kurikulum Merdeka memperkenalkan pendekatan penilaian komprehensif yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa. Kurikulum Merdeka menekankan penilaian diagnostik, formatif, dan sumatif sepanjang proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penilaian Kurikulum K13 dan Kurikulum Merdeka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pendekatan studi kasus menggunakan sumber data primer dan data sekunder dengan empat guru Bahasa Inggris sebagai informan di SMA Polewali Mandar. Teknik analisis yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Pada penilaian Kurikulum K13, Guru Bahasa Inggris menilai hasil pembelajaran siswa dengan menggunakan penilaian autentik yang mengacu pada penilaian pengetahuan dan penilaian keterampilan. Guru menggunakan beberapa teknik penilaian di antaranya penilaian proyek, dan ujian tertulis. Guru menggunakan penilaian otentik untuk mengevaluasi pengetahuan akademis, perkembangan sosial-emosional, dan keterampilan praktis siswa yang difokuskan pada pembelajaran berpusat pada siswa dan aplikasi dunia nyata untuk mempersiapkan siswa dengan keterampilan dan kompetensi yang diperlukan dalam kegiatan kelas. 2) Pada penilaian Kurikulum Merdeka, Guru Bahasa Inggris menekankan beberapa penilaian diantaranya: a) penilaian diagnostik yang dilakukan untuk mengetahui karakteristik dan model belajar peserta didik, dengan menanya siswa perihal keseharian yang dikaitkan dengan minat belajar. Sehingga, pembelajaran dapat dirancang sesuai dengan kompetensi dan kondisi peserta. b) Penilaian formatif dilakukan sebagai bahan evaluasi dalam pembelajaran pada unit atau bab yang dipelajari pada saat pembelajaran berlangsung, dengan memberikan kuis singkat atau pertanyaan singkat untuk menilai pemahaman pada unit tersebut. c) Penilaian sumatif dilakukan sebagai penilaian akhir dari hasil pembelajaran, pada tahapan ini Guru Bahasa Inggris menerapkan ujian tes tertulis, baik itu pilihan ganda maupun dalam bentuk essay.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penilaian, Kurikulum K13, Kurikulum Merdeka |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | kifli Mahasiswa ppl |
Date Deposited: | 07 Oct 2024 04:32 |
Last Modified: | 07 Oct 2024 04:32 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8797 |
Actions (login required)
View Item |