Najmawati, Najmawati (2024) Penggunaan Media Video dalam meningkatkan Mah>arah Al-Ist}im>a’ siswa kelas VIII MTs Al-Amanah Waikaya, Mamuju Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
2020203888204013 NAJMAWATI .pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Sebagaimana dalam bahasa Arab dianggap sulit dan termasuk dalam pembelajaran yang cukup membosankan oleh sebagian besar peserta didik. Peserta didik menganggap bahasa Arab itu susah, selain itu pengajaran bahasa Arab yang monoton dan kurang bervariasi yang membuat peserta didik kurang tertarik dan kurang minat dalam mempelajari Bahasa Arab. Sehubungan dengan Mah>arah Al-Ist}im>a’, peneliti mengambil Media Video sebagai salah satu inovasi dan bahan uji coba peningkatan Mah>arah Al-Ist}im>a’ peserta didik. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) sejauh mana keterampilan mendengar peserta didik sebelum Penggunaan Media Video dalam meningkatkan Mah>arah Al-Ist}im>a’ siswa kelas VIII MTs Al-Amanah Waikaya, Mamuju Tengah. 2) sejauh mana Keterampilan Mendengar peserta didik setelah Penggunaan Media Video dalam meningkatkan Mah>arah Al-Ist}im>a’ siswa kelas VIII MTs Al-Amanah Waikaya, Mamuju Tengah. 3) Untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan Mah>arah Al-Ist}im>a’ siswa kelas VIII MTs Al-Amanah Waikaya, Mamuju Tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif (pre eksperimental) dan dalam mengumpulkan data menggunakan instrumen penelitian pre-test post-test. Penelitian ini dilakukan di MTs Al-Amanah Waikaya, Mamuju Tengah dengan sampel penelitian sebanyak 23 siswa. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik inferensial yang mencakup uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam hal ini, pedoman pengambilan keputusan dalam uji ini, Adapun hasil output dengan memakai bantuan SPSS 26 diperoleh nilai Sig. (2-tailed) < Alpha Penelitian (0,05) atau 0,000 < 0,05 artinya, H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan ini, hipotesis yang diajukan telah teruji oleh data. Kemudian dapat disimpulkan bahwa, terdapat perbedaan sebelum dan sesudah Penggunaan Media Video dalam meningkatkan Mah>arah Al-Ist}im>a’ siswa kelas VIII MTs Al-Amanah Waikaya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Video, Peningkatan, Al-Mah>arah Al-Ist}im>a’
Subjects: 19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1902 Film, Television and Digital Media > 190205 Interactive Media
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: eka Mahasiswa ppl
Date Deposited: 07 Oct 2024 04:24
Last Modified: 07 Oct 2024 04:24
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8795

Actions (login required)

View Item View Item