Megania, Citra Resmi (2024) Konsep Guru Bahasa Inggris tentang keterampilan membaca kritis dan strategi membaca kritis mereka di MAN 1 Polewali Mandar. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
2120203879102012.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Keterampilan membaca kritis mengacu pada kemampuan untuk menganalisis, mengevaluasi, dan menginterpretasi teks secara efektif. Keterampilan ini melampaui pemahaman dasar dan melibatkan keterlibatan yang lebih dalam dengan konten. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hal-hal apa yang digunakan oleh Guru Bahasa Inggris untuk mengembangkan keterampilan membaca kritis mereka dan untuk mengetahui dampak apa yang muncul bagi Guru Bahasa Inggris dan siswa ketika mereka menerapkan pengetahuan dan strategi membaca kritis. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan menggunakan sumber data primer dan data sekunder dengan informan dari 3 Guru Bahasa Inggris di MAN 1 Polewali Mandar. Teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data, tampilan data, dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut; Guru Bahasa Inggris EFL mengembangkan keterampilan membaca kritis mereka yang berkontribusi pada pengajaran mereka secara aktif siswa menunjukkan keterampilan membaca kritis terbukti dengan terlibat dalam praktik seperti memberi tanda, melihat pratinjau, mempertanyakan, merenung, menguraikan, merangkum, dan mengevaluasi yang meningkatkan kemampuan siswa menggunakan materi secara efektif yang berkontribusi pada keterampilan membaca kritis siswa. Dampak pengetahuan Guru Bahasa Inggris tentang keterampilan membaca kritis dan penggunaan strategi membaca kritis ini dalam pengajaran menunjukkan dampak positif terhadap kemampuan siswa khususnya untuk guru yang memiliki pemahaman yang kuat tentang teknik membaca kritis seperti mengidentifikasi ide utama, menganalisis argumen, mengevaluasi bukti, dan mensintesis informasi yang memungkinkan guru menciptakan pengalaman belajar yang memperkaya bagi siswa melalui kegiatan terstruktur dan diskusi terpandu, meningkatkan keterlibatan yang lebih dalam dengan tes dan aktivitas belajar selama di kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Guru Bahasa Inggris, keterampilan membaca kritis, strategi membaca kritis
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: kifli Mahasiswa ppl
Date Deposited: 07 Oct 2024 04:09
Last Modified: 07 Oct 2024 04:09
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8793

Actions (login required)

View Item View Item