SALIHIN, SAID (2023) Penerapan Strategi Active Knowledge Sharing dalam Meningkatkan Keterampilan menulis Bahasa Arab Pebelajar Kelas X Pada Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al-Ikhlas Ad-dary DDI Takkalasi. Masters thesis, IAIN ParePare.
Text (Full Text)
18.0212.006.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (8MB) |
Abstract
Latar belakang masalah berdasarkan rendahnya hasil belajar pebelajar khususnya ketarampilan menulis pada mata pelajaran Bahasa Arab, salah satu penyebabnya adalah kurangnya penggunaan Strategi pembelajaran yang efektif, komunikatif, inovatif, efisien, dan menyenangkan, maka penulis dalam penelitian ini mencoba menerapkan strategi active knowledge sharing dalam meningkatkan keterampilan menulis Bahasa Arab pebelajar. Secara umum penerapan strategi active knowledge sharing bertujuan agar proses pembelajaran yang dilaksanakan dikelas dapat merangsang aktivitas, inovasi dan kreativitas belajar serta dilaksanakan dengan efektif dan menyenangkan, sehingga diharapkan hasil dari prestasi pebelajar berkualitas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peningkatan keterampilan menulis Bahasa Arab pebelajar dengan menggunakan strategi active Knowledge Sharing Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dilaksanakan II siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu; perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dalam menganalisa data yang diperoleh untuk penelitian tindakan kelas secara umum dianalisis melalui pendekatan deskriftif kualitatif yaitu data yang diperoleh dari berbagai sumber. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode pengumpulan data utamanya adalah metode dokumentasi, dan metode tes. Sedang metode pendukung adalah metode observasi Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan strategi Active Knowledge Sharing dapat meningkatkan keterampilan menulis Bahasa Arab pebelajar kelas X Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al Ikhlash Ad dary DDI Takkalasi hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata pra siklus yaitu 59,2 dengan ketuntasan belajar 36%. Pada siklus I diperoleh nilai rata rata 70,6 yaitu dengan ketuntasan belajar 68%. Pada siklus II diperoleh nilai rata rata 81,6 dengan ketuntasan belajar 100%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan menulis Bahasa Arab Pebelajar dari hasil belajar Bahasa Arab kelas X Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al Ikhlash Ad dary DDI Takkalasi
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penerapan, Keterampilan Menulis, Meningkatkan Application, Writing Skills, Improving الكلمات المفتاحية: التطبيق, مهارة الكتابة, الترقية |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | ismail Mahasiswa ppl |
Date Deposited: | 07 Oct 2024 03:57 |
Last Modified: | 07 Oct 2024 03:57 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8790 |
Actions (login required)
View Item |