Nurjannah, Nurjannah (2024) Penerapan Metode Imla’ dalam Meningkatkan Keterampilan Menulispada Pembelajaran Bahasa Arab Kelas VII Madrasah Tsanawiah Al-Mustaqim Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Pare pare.

[thumbnail of 19.1200.019..pdf] Text
19.1200.019..pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode imla‟ dalam pembelajaran menulis bahasa Arab siswa kelas VII dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan metode imla’ pada pembelajaran bahasa Arab siswa kelas VII Madrasah Tsanawiah Al-Mustaqim Parepare. Adapun rumusan masalahnya yaitu: 1) Bagaimana Penerapan metode imla’dalam pembelajaran bahasa Arab siswa kelas VII Madrasah Tsanawiah Al-Mustaqim Parepare ?. 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan metode imla’ Pada Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiah Al-Mustaqim Parepare. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yakni penelitian deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Informasi yang dikumpulkan dalam bentuk kata dianalisis melalui reduksi, penyajian dan konfirmasi atau penarikan kesimpulan Berdasarkan hasil dan kesimpulan penelitian yang dilakukan peneliti, antara lain: 1) perencanaan pembelaran bahasa Arab di Madrasah Tsanawiah Al-Mustaqim Parepare berupa perumusan tujuan dan menentukan materi pembelajaran. 2) pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Tsanawiah Al-Mustaqim Parepare berupa penerapan metode imla’ dan sumber belajar. 3) evaluasi pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiah Al-Mustaqim Parepare meliputi dua tahap yaitu evaluasi pada akhir pembelajaran dan evaluasi pada ujian awal semester dan akhir semester yang biasanya disebut ujian syafahi dan ujian tahriri. 4) faktor pendukung dan penghambat penerapan metode Imla’ di Madrasah Tsanawiah Al-Mustaqim Parepare yaitu adanya motivasi dari dalam diri peserta didik untuk bisa menulis arab dengan baik dan benar serta kendalanya adalah peserta didik masih sulit membedakan mana saja huruf yang dapat disambung dan huruf yang tidak bisa disambung serta masih ada beberapa tulisan mereka yang salah dalam penulisan imla’nya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: faqih Mahasiswa mbkm
Date Deposited: 07 Oct 2024 03:51
Last Modified: 07 Oct 2024 03:51
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8789

Actions (login required)

View Item View Item