Mutmainnah, Mutmainnah (2024) Penerapan Model Pembelajaran Kolaboratif Dalam Pengelolaan Kelas Pada Pelajaran Bahasa Arab VIII MTsN 2 Sidrap. Undergraduate thesis, IAIN Pare pare.

[thumbnail of 19.1200.13 MUTMAINNAH ACC REVISI MUNAQIS  2024 (3).pdf] Text
19.1200.13 MUTMAINNAH ACC REVISI MUNAQIS 2024 (3).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang penerapan model pembelajaran kolaboratif dalam pengelolaan kelas pada mata pelajaran bahasa Arab peserta didik kelas VIII di MTsN 2 Sidrap. Adapun Rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu: 1) Bagaimana pengetahuan bahasa Arab peserta didik kelas VIII MTsN 2 Sidrap sebelum menggunakan model pembelajaran kolaboratif, 2) Bagaimana pengetahuan bahasa Arab peserta didik kelas VIII MTsN 2 Sidrap setelah menggunakan model pembelajaran kolaboratif, 3) Apakah pengelolaan kelas dengan model pembelajaran kolaboratif dapat meningkatkan pengetahuan bahasa Arab peserta didik Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Sampel terdiri dari kelas VIII C sebagai kelas eksperimen di MTsN 2 Sidrap. Tekhnik pengumpulan data yang diambil berupa tes, observasi, dan dokumentasi. Tes yang digunakan berupa pre-test dan post-test, hasil dari uji tes tersebut akan diuji deskriptif dan diuji analisis inferensial. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (1) Berdasarkan tes awal yang dilakukan pada kelas eksperimen menunjukkan bahwa kemampuan awal penguasaan bahasa Arab peserta didik secara keseluruhan belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 71. (2) Berdasarkan tes yang dilakukan setelah treatment yang dilakukan oleh peneliti pada kelas eksperimen menunjukkan bahwa terdapat 38 peserta didik yang telah mencapai KKM. (3) Setelah pemberian test yang dilakukan setelah treatment pada kelas eksperimen menunjukkan bahwa seluruh peserta didik telah mencapai Kriteria Ketuntasan Belajar yaitu sebanyak 38 peserta didik. (4) Hasil uji tabel menunjukkan bahwa nilai Uji-t post-test kelas kontrol dan eksperimen memperoleh nilai sig (2-tailed) pada Equal variances assumed sebesar 0,000 < α 0,05 dan ditunjukkan pula hasil pada equal variances not assumed 0,000 < α 0,05 maka hasil tersebut menunjukkan bahwa H0 ditolak sedangkan H1 diterima. Maka dari keterangan diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kolaboratif dapat meningkatkan penguasaan bahasa Arab peserta didik kelas VIII MTsN 2 Sidrap

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kolaboratif, Pengelolaan Kelas
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130307 Ethnic Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: faqih Mahasiswa mbkm
Date Deposited: 07 Oct 2024 01:39
Last Modified: 07 Oct 2024 01:39
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8758

Actions (login required)

View Item View Item