HASPIANA, HASPIANA (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Talking Stick Terhadap Maha>rah al-Kala>m Siswa Kelas VIII MTs At-Thahiriyah Paladang Kabupaten Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Pare pare.
Text
19.1200.012.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (9MB) |
Abstract
Peserta didik menganggap bahwa pelajaran bahasa Arab sulit untuk dipahami dan masih kurang percaya diri dalam berbicara bahsa Arab. Hal tersebut terlihat dari minimnya keterlibatan peserta didik dalam mengungkapkan pendapatnya dalam pembelajaran. Sehingga adanya model pembelajaran kooperatif talking stick merupakan salah satu model pembelajaran yang menyenangkan dan cocok mendapatkan partisipasi secara aktif.. Adapun rumusan masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini yakni (1) Bagaimana Maha>rah al-Kala>m siswa kelas VIII MTs At-Thahiriyah Paladang sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif talking stick. (2) Bagaimana Maha>rah al-Kala>m siswa kelas VIII MTs At-Thahiriyah Paladang setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif talking stick. (3) Apakah terdapat perbedaan Maha>rah al-Kala>m siswa kelas VIII MTs At-Thahiriyah Paladang sebelum dan setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif talking stick. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif khususnya kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian Pre-Eksperimental serta jenis One-Group Pretest-Posttest Design. Sampel yang digunkan adalah sampel jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, pre-test, treatment, post-test, dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisi inferensial mencakup uji persyaratan analisis dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh pada nilai rata-rata pre- test yakni 57,22 dan post- test yakni 82,00 menunjukkan adanya peningkatan yang cukup signifikan. Selanjutnya pada hasil ujian hipotesis paired samples test diketahui nilai thitung 9.651 lebih besar dari ttabel 2.110. Delngan melmbandingkan keldula nilai telrselbult didapatkan hasil bahwa hipotelsis alternatif ditelrima. Hal ini belrarti adanya pelrbeldaan yang signifikansi antara rata-rata prel-telst dan post-telst yang artinya telrdapat perbedaan maha>rah al-Kala>m sebelum dan setelah pelnggulnaan modell pelmbellajaran koopelratif talking stick telrhadap siswa kellas VIII MTs At-Thahiriyah Paladang
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Talking Stick, Maha>rah al-Kala>m |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130307 Ethnic Education |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Bahasa dan Sastra Arab |
Depositing User: | faqih Mahasiswa mbkm |
Date Deposited: | 07 Oct 2024 01:28 |
Last Modified: | 07 Oct 2024 01:28 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8757 |
Actions (login required)
View Item |