UMAR, UMRAH YANI (2024) Strategi Bauran Pemasaran 9P dan Customer Centrism Terhadap Peningkatan Jamaah Perspektif Pemasaran Syariah (Studi pada Travel Haji dan Umrah di Ajatappareng). Masters thesis, IAIN Pare pare.

[thumbnail of 2220203860102010.pdf] Text
2220203860102010.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (16MB)

Abstract

Penyelewengan oleh travel haji dan umrah dengan menawarkan harga paket promo namun tidak memenuhi standar layanan, seperti rukun dan syarat ibadah yang tidak terlaksana dengan baik serta hotel yang berbeda dari tawaran awal, berdampak pada menurunnya kepercayaan masyarakat. Hal ini menjadi tantangan bagi travel haji dan umrah untuk meyakinkan jamaah. Oleh karena itu, diperlukan strategi guna meningkatkan jumlah jamaah. Strategi tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan bauran pemasaran Islam 9P dan customer centrism. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi bauran pemasaran 9P dan customer centrism yang diterapkan oleh perusahaan travel haji dan umrah dalam perspektif pemasaran syariah. Menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian field research. Studi kasus pada empat travel di Ajatappareng, yaitu PT. Zakiah Dina Tayyibah, PT. An-Naba Internasional Cabang Sidrap, PT. Arafah Farhana Wisata, dan PT. Basmalah Utama Mandiri. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) Keempat travel haji dan umrah di Ajatappareng ini telah menerapkan strategi bauran pemasaran 9P dimana promosi (94.44%), produk (80.56%), dan harga (77.78%) sebagai elemen utama untuk meningkatkan jamaah. (2) Penerapan customer centrism yang berfokus pada kenyamanan spriritual, kemudahan, dan pendampingan selama perjalanan juga telah diterapkan oleh travel untuk meningkatkan jamaah. (3) Penerapan theistis terlihat dari kejujuran dan transparansi fasilitas yang dijanjikan pada brosur sesuai dengan realita, akhlaqiyah terlihat dari karyawan yang ramah, penuh kesabaran, berakhlak baik dalam melayani setiap jamaah, al-waqi’iyyah terlihat dari harga yang sesuai dengan pelayanan yang didapatkan jamaah, promosi yang mudah diakses melalui media online serta physical evidence yang jelas dan bermanfaat, dan al-insaniyah terlihat dari pelaksana yang memudahkan jamaah dalam beribadah

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi Bauran Pemasaran 9P, Customer Centism, Peningkatan Jamaah
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150599 Marketing not elsewhere classified
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Ekonomi Syariah
Depositing User: faqih Mahasiswa mbkm
Date Deposited: 04 Oct 2024 07:59
Last Modified: 04 Oct 2024 07:59
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8740

Actions (login required)

View Item View Item