USMAN, HUSNI (2024) Penggunaan Aplikasi Ilmu Tajwid Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Peserta Didik Pada Mts Nashrul Haq Pajalele Kab. Sidenreng Rappang. Masters thesis, IAIN PAREPARE.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
2120203886108016.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji penggunaan aplikasi ILMU TAJWID untuk meningkatkan kemampuan membaca al-Qur'an pada peserta didik MTs Nashrul Haq Pajalele Kabupaten Sidenreng Rappang. Di era globalisasi dan kemajuan teknologi, penggunaan al-Qur'an digital menjadi alternatif dalam pembelajaran al-Qur'an. Namun, masih terdapat kesenjangan antara harapan dan kemampuan aktual peserta didik dalam membaca al-Qur'an. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bentuk aplikasi ilmu tajwid yang digunakan, menganalisis faktor pendukung dan penghambat, serta menemukan model implementasi yang efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur'an peserta didik. Melalui pendekatan kualitatif, penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan dan solusi praktis bagi peningkatan kualitas pembelajaran al-Qur'an di era digital. Penelitian ini merupakan studi kualitatif deskriptif yang dilaksanakan di MTs Nashrul Haq Pajalele, Kabupaten Sidenreng Rappang, selama 3 bulan (Oktober-Desember 2023). Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dijamin melalui triangulasi dan penerapan kriteria kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, serta konfirmabilitas. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, implementasi aplikasi tajwid di MTs Nashrul Haq Pajalele telah memberikan dampak positif dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an peserta didik. Guru menggunakan aplikasi Ilmu Tajwid Lengkap dan Audio yang mudah diakses melalui playstore sebagai media pembelajaran. Faktor pendukung meliputi keteladanan guru, ketersediaan sarana digital, dan antusiasme peserta didik. Sementara faktor penghambat mencakup kurangnya penguasaan teknologi oleh sebagian peserta didik dan kurangnya pembiasaan membaca Al-Qur'an. Implementasi aplikasi tajwid dilakukan dengan menampilkan materi melalui proyektor, memberikan tugas terkait hukum tajwid, dan mendorong penggunaan aplikasi di luar kelas. Hasilnya menunjukkan peningkatan motivasi dan pemahaman peserta didik dalam membaca Al-Qur'an, meskipun masih ada tantangan yang perlu diatasi terutama dalam hal penguasaan teknologi dan konsistensi dalam pembiasaan membaca Al-Qur'an.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan, Membaca, Media, Al-Qur’an, Digital,
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: irwandi Mahasiswa ppl
Date Deposited: 04 Oct 2024 06:51
Last Modified: 04 Oct 2024 06:51
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8722

Actions (login required)

View Item View Item