Mz, HAJRAH (2024) Penggunaan Strategi Kolaboratif Pada Pembelajaran PAI dalam Membentuk Kecerdasan Interpersonal Peserta Didik Di UPT SD Negeri 3 Pinrang. Masters thesis, IAIN PAREPARE.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
2120203886108014.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Tesis ini membahas tentang Penggunaan Strategi Kolaboratif Pada Pembelajaran PAI dalam Membentuk Kecerdasan Interpersonal Peserta Didik Di UPT SD Negeri 3 Pinrang. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui kemampuan Interpersonal peserta didik di UPT SD Negeri 3 pinrang. (2) untuk mengetahui Strategi pembelajaran Kolaboratif dalam membentuk kemampuan Interpersonal peserta didik di UPT SD Negeri 3 Pinrang. Penelitian ini ditujukan kepada beberapa pihak diantaranya yaitu kepada Guru Mata pelajaran Pendidikan agama islam yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan pertimbangan dalam melakukan pengajaran khususnya untuk mengatasi permasalahan Kecerdasan Interpersonal Peserta Didik . Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Informan dalam penelitian ini yaitu Guru, wali kelas dan peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun data analisis yaitu data reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Kecerdasan interpersonal peserta didik di UPT SD Negeri 3 Pinrang.menunjukkan kecerdasan interpersonal yang baik dimana peserta didik menunjukkan rasa empati yang tinggi serta memiliki hubungan sosial yang baik sesame peserta didik serta senatiasa mampu menjalin komunikasi dengan baik pada saat prosespembelajaran berlansung. 2) Penggunaan strategi pembelajaran kolaboratif dalam membentuk kecerdasan interpersonal peserta didik di UPT SD Negeri 3 Pinrang.dikategorikan berhasil dengan dibuktikan dari kerjasama peserta didik yang semakin tinggi serta kemampuannya dalam mendengarkan materi pembelaran serta kontribusi individual peserta didik yang baik dengan cara memberikan materi melalui pendekatan pembelajaran kelompok kolaboratif. Hasil temuan ini berguna sebagai bahan rekomendasi kepada pihak sekolah terkhusus pada guru mata pelajaran Pendidikan agama islam yang dapat diimplementasikan dalam proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi Kolaboratif, Pembelajaran PAI, Kecerdasan Interpersonal
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: irwandi Mahasiswa ppl
Date Deposited: 04 Oct 2024 06:44
Last Modified: 04 Oct 2024 06:44
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8717

Actions (login required)

View Item View Item