MUSAKKIR, MUH. (2023) Respons Peserta Didik terhadap Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Youtube dalam Pembelajaran Fiqih Kelas XI di MA DDI Tellu Limpoe Kabupaten Sidenreng Rappang. Masters thesis, IAIN PAREPARE.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
2120203886108011.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran fiqih yang berbasis youtube pada kelas XI di MA DDI Tellu Limpoe Kabupaten Sidenreng Rappang. (2) untuk mengetahui respons peserta didik terhadap penerapan media pembelajaran berbasis youtube pada pembelajaran fiqih kelas XI di MA DDI Tellu Limpoe Kabupaten Sidenreng Rappang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif (filed research) dengan menggunakan pendekatan interpretatif dan instrumen penelitian yang digunakan yakni observasi, wawancara (Interview), dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya yaitu menggunakan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Proses pelaksanaan pembelajaran fiqih yang berbasis youtube pada kelas XI di MA DDI Tellu Limpoe Kabupaten Sidenreng Rappang dilakukan dengan 3 tahap yakni: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. (2) Respons peserta didik terhadap penerapan media pembelajaran aplikasi youtube dalam pembelajaran fiqih kelas XI di MA DDI Tellu Limpoe Kabupaten Sidenreng Rappang, bahwa hasil yang didapat dari perilaku peserta didik yang ditunjukkan terhadap penggunaan media pembelajaran aplikasi youtube baik berupa respons positif maupun respons negatif yang dapat dijadikan sebagai tolok ukur bahwa peserta didik merasa nyaman atau tidak dalam proses belajar mengajar, dari respons peserta didik penerapan pembelajaran fiqih yang berbasis aplikasi youtube membuat hasil nilai belajar peserta didik kelas XI MA DDI Tellu Limpoe Kabupaten Sidrap meningkat dan mendapatkan respons positif karena menurut peserta didik selain menarik perhatian dengan adanya gambar dan audio visual, pembelajaran berbasis aplikasi youtube ini juga tidak membuat jenuh atau bosan dan mudah dipahami materinya. Hal ini menunjukkan bahwa aplikasi youtube efektif dan efisien untuk diterapkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Respons, Peserta Didik, Media Pembelajaran, Youtube, Fiqih
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: irwandi Mahasiswa ppl
Date Deposited: 04 Oct 2024 06:29
Last Modified: 04 Oct 2024 06:29
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8710

Actions (login required)

View Item View Item