IRAHAYU, ETI (2024) Penggunaan Media Pembelajaran iSpring Suite untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran PAI di UPTD SDN 19 Parepare. Masters thesis, IAIN PAREPARE.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
2120203886108001.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (14MB)

Abstract

Proses pembelajaran yang berlangsung belum terjadi dengan efektif dan maksimal. Media pembelajaran yang digunakan seperti papan tulis dan buku paket, serta pemberian tugas dalam bentuk lembar kerja yang menoton, menimbulkan kejenuhan dan membuat motivasi belajar peserta didik rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan media pembelajaran iSpring Suite dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran PAI di UPTD SDN 19 Parepare. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Penelitian dilakukan di UPTD SDN 19 Parepare. Jumlah populasi peserta didik di sekolah tersebut sebanyak 194 orang dan sampel yang ditarik sebanyak 45 orang yang terbagi dalam dua kelas yaitu 25 peserta didik pada kelas eksperimen dan 20 peserta didik pada kelas kontrol. Teknik pengumpulan dan pengolahan data menggunakan observasi, pre-test dan post-test serta dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif analisis. Hasil penelitian menemukan bahwa: (1) Penggunaan iSpring Suite dalam pembelajaran PAI di UPTD SDN 19 Parepare menunjukkan potensi besar untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran dan pengalaman belajar peserta didik serta guru, meskipun membutuhkan upaya tambahan dalam mendukung implementasi yang sukses dan berkelanjutan. (2) Terdapat peningkatan motivasi belajar peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran iSpring Suite pada pembelajaran PAI di UPTD SDN 19 Parepare. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil Uji Mann-Whitney Test, tingkat signifikansi yang diperoleh adalah 5% dengan tingkat kepercayaan 95% dan derajat kebebasan sebesar 8. Nilai signifikansi yang diperoleh adalah 0.000, yang berarti 0.000 < α = 0.05, artinya terdapat peningkatan motivasi belajar peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran iSpring Suite. Demikian karena iSpring Suite dapat memfasilitasi proses pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik, sehingga berdampak terhadap peningkatan motivasi belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran; iSpring Suite; Motivasi Belajar.
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: irwandi Mahasiswa ppl
Date Deposited: 04 Oct 2024 06:17
Last Modified: 04 Oct 2024 06:17
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8701

Actions (login required)

View Item View Item