WARDANA, WISNU (2024) Pengaruh Financial Literacy dan Investment Platform Terhadap Minat Berinvestasi Pada Pasar Modal Syariah (Studi Generasi Millenial Kota Parepare). Masters thesis, IAIN ParePare.
Text (Full Text)
2120203860102035.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (8MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk memberikan penggambaran terkait tingkat minat investasi pada pasar modal syariah di kalangan generasi millenial di Kota Parepare. Faktor-faktor yang mempengaruhinya adalah Financial Literacy dan Investment Platform sebagai variabel independen sedangkan minat investasi pada pasar modal syariah sebagai variabel dependent.Tesis ini membahas serta menganalisis mengenai bagaiamana pengaruh variabel independent yaitu Financial Literacy dan Investment Platform terhadap minat generasi millenia Kota Parepare berinvestasi pada pasar modal syariah. Hal ini didasari pada fenomena meningkatnya jumlah investor pada pasar modal, terutama pada masa pandemi covid-19 yang dimana di dominasi oleh generasi muda yaitu generasi millenial dan Z. Metode penelitian menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian Field Research (penelitian lapangan). Populasi berjumlah 35.285 orang, dengan jumlah sampel sebanyak 100 sampel. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah Kuesioner / Angket. Metode yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan menggunakan uji keabsahan data meliputi: uji validitas, reliabilitas, linearitas dan normalitas. Hasil penelitian menunjukkan: Berdasarkan hasil korelasi bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara variabel Financial Literacy (X1) dengan Minat Investasi Pada Pasar Modal Syariah (Y) dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Investment Platform (X2) terhadap Minat Investasi Pada Pasar Modal Syariah (Y) dengan nilai 0,000 < 0,05. Maka H4 dan H5 diterima. Berdasarkan hasil uji t menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara Financial Literacy terhadap Minat Investasi Pada Pasar Modal Syariah dengan nilai 0,003 > 0,05 maka H6 diterima. Selanjutnya, terdapat pengaruh Investment Platform terhadap Minat Investasi Pada Pasar Modal Syaroah dengan nilai 0,000 < 0,05 maka H7 diterima.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Financial Literacy, Investment Platform dan Minat Investasi |
Subjects: | 19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1902 Film, Television and Digital Media > 190205 Interactive Media |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah |
Depositing User: | ismail Mahasiswa ppl |
Date Deposited: | 04 Oct 2024 02:30 |
Last Modified: | 04 Oct 2024 02:30 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8664 |
Actions (login required)
View Item |