ASIH, NUR (2024) Strategi Digital Marketing Dalam Meningkatkan Omset .Penjualan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Kota Parepare. Masters thesis, IAIN ParePare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
2120203860102020 Tesis.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB)

Abstract

Tesis ini membahas tentang strategi digital marketing dalam meningkatkan omset penjualan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Kota Parepare. Hal ini didasari pada perkembangan teknologi bidang bisnis, dan permasalahan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah dalam pemasaran produk. Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi digital marketing melalui media sosial mampu meningkatkan omset penjualan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Kota Parepare. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Kota Parepare; Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan penelitian menggunakan pendekatan fenomenologis. Hasil penelitian: (1) Kondisi omset pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Kota Parepare sebelum menerapkan digital marketing ialah omset lebih rendah, omset tetap atau cenderung stabil, dan omset tidak tetap atau cenderung tidak stabil. (2) Terjadi peningkatan omset penjualan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah dimana kenaikan omset berkisar antara 20-80% semenjak menggunakan media sosial sebagai sarana digital marketing. Mayoritas pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Kota Parepare menggunakan media sosial Facebook untuk mempromosikan produknya. Instagram merupakan media sosial kedua yang terbanyak digunakan oleh para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah sebagai media promosi, dan TikTok berada di urutan ketiga. (3) para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan menengah dalam menjalankan usahanya memiliki orientasi dan tujuan hidup yang selaras dengan tujuan ekonomi Islam yakni falah (kebahagiaan dunia dan akhirat), hal ini ditandai dengan prinsip dan nilai-nilai yang dipegang teguh oleh para Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Kota Parepare.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Digital Marketing, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah, Omset Penjualan
Subjects: 19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1902 Film, Television and Digital Media > 190205 Interactive Media
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: ismail Mahasiswa ppl
Date Deposited: 04 Oct 2024 01:56
Last Modified: 04 Oct 2024 01:56
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8658

Actions (login required)

View Item View Item