RAMADHAN, ANDI MUHAMMAD FAWZY (2024) Pengaruh Literasi dan Promosi Terhadap Penggunaan Shopee Paylater (Studi Mahasiswa Pascasarjana IAIN Parepare). Masters thesis, IAIN ParePare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
2120203860102014.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB)

Abstract

Shopee Paylater saat ini penggunaanya kian meningkat drastis akibat transisi pasca Pandemi covid-19 transaksi pengguna nya mayoritas milenial khususnya kalangan mahasiswa perguruan tinggi dengan literasi nya dan promosi sebagai faktor pengaruhnya. Tujuan penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh literasi dan promosi terhadap penggunaan Shopeepay paylater pada mahasiswa Pascasarjana IAIN Parepare. Metode yang digunakan di penelitian adalah metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research). Teknik analisis data yang digunakan adalah Deskriptif Kuantitatif dengan pendekatan Asosiatif. Yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua Variabel atau lebih yaitu dengan pendekatan Asosiatif untuk mengetahui pengaruh literasi dan promosi terhadap penggunaan Shopeepay paylater pada mahasiswa Pascasarjana IAIN Parepare. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Mengetahui dengan baik literasi terhadap penggunaan Shopeepay paylater pada mahasiswa Pascasarjana IAIN Parepare dengan nilai thitung >ttabel (19,598> 1,993) dan Signifikansi <0,05 (0,000>0,05). (2) Mengetahui dengan kurang baik promosi terhadap penggunaan Shopeepay paylater pada mahasiswa Pascasarjana IAIN Parepare dengan nilai thitung >ttabel (18,831> 1,993) dan Signifikansi <0,05 (0,000>0,05). (3) Mengetahui kurang baik penggunaan Shopeepay paylater pada mahasiswa Pascasarjana IAIN Parepare, dibutkikan dengan tingkat pencapaiannya pengguaan Shopeepay paylater dengan nilai thitung >ttabel (7,729> 1,993) dan Sig. <0,05 (0,000>0,05). (4) Literasi (X1) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan Shopeepay paylater, dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,000 > 0,05 dan koefisien regresi sebesar 0,724. (5) Promosi (X2) tidak memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap penggunaan Shopeepay paylater, dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,801 < 0,05 dan koefisien regresi sebesar 0,037. (6) terdapat Hubungan positif dan signifikan antara literasi dan penggunaan Shopeepay paylater sebesar 0,621 dan sig. 0,06, promosi terdapat hubungan positif dan signifikan sebesar 0,241 dengan sig.0,000. (7) Kemudian literasi (X1) dan promosi (X2) memiliki pengaruh secara simultan atau bepengaruh secara bersama-sama terhadap penggunaan Shopeepay paylater, dibuktikan nilai F-hitung sebesar 25,736 > F-tabel yaitu 3,11 dengan nilai sig. p= 0,000 < 0,05. (8) besar sumbangan pengaruh variabel independen (X1, X2) terhadap variabel dependen (Y) dibuktikan dengan koefisien determinasi adjust R square adalah 0,371. Nilai ini menunjukkan bahwa sumbangan atau pengaruh literasi (X1) dan promosi (X2) terhadap penggunaan Shopeepay paylater (Y) adalah sebesar 37,1%. Sisanya sebanyak 62,9% disebabkan oleh faktor lain yang tidak dimasukkan kedalam model.uji One sample t Test dengan nilai thitung >ttabel (19,598> 1,993) dan Signifikansi <0,05 (0,000>0,05),

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Literasi, Promosi, Penggunaan Shopee Paylater
Subjects: 19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1902 Film, Television and Digital Media > 190205 Interactive Media
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: ismail Mahasiswa ppl
Date Deposited: 04 Oct 2024 01:36
Last Modified: 04 Oct 2024 01:36
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8655

Actions (login required)

View Item View Item