SARDIA, SARDIA (2024) Pengaruh Strategi Soft Selling, Content Marketing dan Live Streaming Terhadap Minat Beli Konsumen pada UMKM di Kota Parepare. Masters thesis, IAIN ParePare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
2120203860102013.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (11MB)

Abstract

Fenomena yang terjadi dikalangan UMKM di Kota Parepare adalah kendala dalam hal strategi pemasaran sehingga mengurangi minat beli konsumen yang berdampak pada penurunan pendapatan yang signifikan pelaku UMKM. Tujuan dari penelitian ini untuk membuktikan: 1) Pengaruh strategi soft selling terhadap minat beli konsumen pada UMKM di Kota Parepare. 2) Pengaruh content marketing terhadap minat beli konsumen pada UMKM di Kota Parepare. 3) Pengaruh live streaming terhadap minat beli konsumen pada UMKM di Kota Parepare. 4) Pengaruh soft selling, content marketing dan live streaming terhadap minat beli konsumen pada UMKM di Kota Parepare. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 35 responden dengan teknik pengambilan sampel yaitu random sampling. Analisis data menggunakan metode Structural Equation Modelling (SEM-PLS) yaitu model persamaan dengan pendekatan berbasis varians atau pemodelan persamaan struktural berbasis komponen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Variabel soft selling (X1) diperoleh nilai t-statistic sebesar 2,310 > 1,96 atau nilai P value 0.021 < 0.05, maka H1 diterima. 2) Variabel content marketing (X2) diperoleh nilai t-statistic sebesar 2,032 > 1,96 atau nilai P value 0.042 < 0.05, maka H2 diterima. 3) Variabel live streaming (X3) diperoleh nilai t-statistic sebesar 2,651 > 1,96 atau nilai P value 0.008 < 0.05, maka H3 diterima. 4) Nilai F tabel pada tingkat signifikansi 0,05 adalah 3,046 sehingga F hitung (40,615) > F tabel (3,046) yang berarti bahwa soft selling, content marketing dan live streaming memiliki peran positif dalam mempengaruhi minat beli konsumen pada UMKM Parepare. Kemudian strategi soft selling, content marketing dan live streaming ditinjau dalam perspektif pemasaran syariah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Soft Selling, Content Marketing, Live Streaming, Minat Beli Konsumen, Pemasaran Syariah
Subjects: 19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1902 Film, Television and Digital Media > 190205 Interactive Media
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: ismail Mahasiswa ppl
Date Deposited: 04 Oct 2024 01:25
Last Modified: 04 Oct 2024 01:25
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8651

Actions (login required)

View Item View Item