Haz, Ramdana (2024) Strategi Pemasaran dalam meningkatkan penjualan motor di PT. Tunas Dwipa Matra kabupaten pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
2020203860202049 Ramdana Haz.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji strategi pemasaran yang diterapkan oleh PT Tunas Dwipa Matra di Kabupaten Pinrang, dengan pada pemanfaatan media sosial dan kepatuhan terhadap prinsip-prinsip hukum ekonomi syariah. Masalah utama yang diangkat adalah bagaimana perusahaan dapat meningkatkan penjualan dan membangun hubungan baik dengan pelanggan melalui strategi pemasaran digital yang etis dan sesuai dengan nilai-nilai syariah. Teori yang digunakan pada penelitian adalah teori strategi pemasaran syariah dan teori penjualan.Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam dengan manajemen dan staf pemasaran PT Tunas Dwipa Matra. Data tambahan diperoleh melalui observasi terhadap aktivitas pemasaran di media sosial, serta analisis dokumen terkait kebijakan pemasaran syariah perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT. Tunas Dwipa Matra menggunakan berbagai pola pemasaran untuk meningkatkan penjualan, termasuk pemanfaatan media sosial seperti WhatsApp, Facebook, Instagram, dan brosur. dalam konteks hukum ekonomi syariah, dua faktor utama yang mempengaruhi strategi pemasaran adalah kejujuran dan transparansi. PT. Tunas Dwipa Matra menekankan pentingnya kejujuran dengan menyediakan informasi akurat mengenai produk dan menghindari praktik menyesatkan. Transparansi diterapkan dengan jelas dalam menyampaikan detail harga, biaya tambahan, dan syarat pembelian kepada pelanggan untuk menghindari kejutan dan memastikan pemahaman yang penuh tentang produk.Strategi pemasaran perusahaan juga mencerminkan prinsip kejujuran, Transparansi, Keadilan, Etika dan Moral untuk menjalankan bisnis dengan integritas tinggi dan menghindari praktik-praktik yang tidak etis atau manipulatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: PT. Tunas Dwipa Matra, Strategi Pemasaran, Media Sosial, Hukum Ekonomi Syariah.
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: kifli Mahasiswa ppl
Date Deposited: 30 Sep 2024 04:21
Last Modified: 30 Sep 2024 04:21
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8405

Actions (login required)

View Item View Item