Z, DEWI SURYANI (2024) . (Pengaruh Promosi terhadap Minat Beli Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) pada Platform Shopee]. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
19.2400.011.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
Seiring berkembangnya teknologi yang semakin maju membuat perkembangan jual beli online semakin banyak dengan berbagai toko online yang sudah dikenal untuk saat ini. Kalangan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) sedang populer tentang jual beli di platform Shopee. Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) tertarik dengan adanya promosi. Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dengan mudah untuk membeli apa yang ingin mereka beli dengan mengandalkan promosi tersebut yang telah disediakan oleh platform Shopee. Dengan adanya promosi ini, dapat mempengaruhi minat beli mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) untuk membeli sesuatu di platform tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dan dalam mengumpulkan data menggunakan kuesioner, metode observasi, dan dokumentasi. Penentuan jumlah sampel dilakukan dengan rumus persamaan Lemeshow. Adapun teknik analisis data yaitu analisis data statistik deksriptif, uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji one sample T-test, uji korelasi, uji regresi linear sederhana, dan uji analisis koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1). Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli mahasiswa FEBI pada platform Shopee. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t diperoleh nilai thitung lebih kecil dari nilai ttabel (-141,966 < 1,985) maka Ha diterima (variabel X). (2). Hasil uji t diperoleh nilai thitung (-129,678 < 1,290) maka Ha diterima (variabel Y). Uji korelasi pada penelitian ini memperoleh rhitung 0,750 dengan signifikansi 0,002. Nilai rhitung 0,750 > rtabel 0,198 maka dikatakan H0 ditolak. (3). Nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dikatakan berkorelasi, terdapat hubungan positif dan signifikansi antara promosi terhadap minat beli mahasiswa (FEBI) dengan tingkat hubungan yang kuat. (4). Uji regresi linear sederhana telah dilakukan terdapat pengaruh yang kuat, dibuktikan dengan hasil nilai thitung 10,994 > ttabel¬ 1,984 dan signifikansinya 0,000 < 0,05 artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Adapun pengujian koefisien determinasi memperoleh nilai sebesar 0,563 atau 56,3%. Hal ini berarti bahwa pengaruh promosi sebagai variabel independen atau bebas dan variabel minat beli sebagai variabel dependen sebesar 56,3% termasuk kategori sedang karena nilai R square mendekati nol dan sisanya 43,7% diteliti.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | promosi, minat beli, mahasiswa FEBI |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150599 Marketing not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah |
Depositing User: | kifli Mahasiswa ppl |
Date Deposited: | 27 Sep 2024 02:45 |
Last Modified: | 27 Sep 2024 02:45 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8274 |
Actions (login required)
View Item |