Arifufuddin, Reza Dzulqadri Pratama (2023) Strategi Marketing Mix dalam Meningkatkan Profitabilitas Bank Syariah Indonesia KCP Barru. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
18.2300.062.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Bank Syariah Indonesia dalam menjalankan aktivitas bisnisnya demi mengejar keuntungan (profitabilitas), biasanya, bank konvensional akan mematok bunga kredit jauh lebih tinggi dibandingkan memberikan bunga simpanan kepada nasabah. Sedangkan bank syariah, selain berorientasi pada keuntungan (profitabilitas), biasanya mereka mengedepankan prinsip dan tujuan untuk kemakmuran bersama serta kebahagiaan di dunia dan akhirat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemunian data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis melaui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian dan verifikasi atau kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: 1) Perencanaan dalam meningkatkan profitabilitas dengan menggunakan atau menerapkan marketing mix yang terdiri dari 7 komponen yaitu produk (product), harga (price), tempat (place), promosi (promotion), orang (people), proses (process) dan bukti fisik (physical evidence) 2) Dalam Implementasi marketing mix dengan berbabagai macam produk-produk yang ada pada BSI KCP Barru memiliki keunggulan tertentu dan sistem bagi hasil yang tidak akan merugikan bagi untuk nasabah maupun pihak BSI. Salah satu cara memasarkan produknya dengan mencari peluang seperti mengikuti kegiatan aaupun event-event. 3) Terkait Evaluasi tentunya adanya kendala yang yang dirasakan oleh Bank Syariah Indonesia seperti kurnagnya pemahaman nasabah terkait bak syariah kemudian para pesaing yang memiliki produk yang sama

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Marketing Mix, Profitabilitas, Bank Syariah Indonesia
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Perbankan Syariah
Depositing User: kifli Mahasiswa ppl
Date Deposited: 26 Sep 2024 08:08
Last Modified: 26 Sep 2024 08:08
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8249

Actions (login required)

View Item View Item