Saribulan, Saribulan (2021) Sistem Pemasaran PT. An-Nur Marif Sidrap tentang Ibadah Umrah (Analisis Hukum Ekonomi Islam). Sarjana thesis, IAIN Parepare.
![]() |
Text (Full Text)
14.2200.046.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
Indonesia merupakan Negara yang mayoritas penduduknya adalah beragama Islam. Dengan banyaknya orang Islam di Indonesia, keinginan beribadah semakin meningkat. Kementeriam Agama bekerja sama dengan pihak swasta. PT. An-Nur Maarif berpeluang besar untuk menjadi yang terbaik dalam melayani konsumen, maka perlu memerapkan strategi pemasaran dalam penjualan produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem pemasaran PT. An-nur Maarif Sidrap dalam menjalankan ibadah umrah sejak dari tanah air hingga kembali ke tanah air serta analisis Hukum Ekonomi Islam terhadap pemasarannya Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research), Dalam penelitian ini, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) PT. An-Nur Maarif sebagai biro umroh dan haji yang telah menerapkan sistem pemasaran yang mapan dan profesional, mulai dari pemilihan karyawan, pengerahan seluruh karyawan sebagai marketing, menerapkan karakteristik syariah marketing,emerapkan karakteristik syariah marketing, perencanaan produk, penetapan harga, lokasi dan pemetapan caracara promosi terhadap jamaah. Strategi pemasaran yang mengabungkan beberapa elemen bauran pemesaran kedalam suatu program pesaran meliputi, proses, product, price,place, dan promosion. (2) Analisis Hukum Ekonomi Islam terhadap pemasaran PT. An-Nur Maarif telah menerapkan karakteristik pemasaran islami yang terdiri dari pertama Teistis (Rabbaniyyah), kedua Etis (Akhlaqiyyah), ketiga Realistis (AlWaqi‟iyyah), keempat Humanistis (Insaniyyah)
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemasaran, Ibadah Umrah, PT. An-Nur Maarif, Hukum Ekonomi Islam |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam > Program Studi Hukum Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah |
Date Deposited: | 10 Apr 2025 04:33 |
Last Modified: | 10 Apr 2025 04:33 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8047 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |