RAMADHANI, ST (2024) IMPLEMENTASI MANAJEMEN AKREDITASI SARANA DAN PRASARANA DALAM MENUNJANG PENCAPAIAN HASIL BELAJAR SISWA DI MADRASAH ALIYAH YAYASAN MADRASAH PENDIDIKAN ISLAM (YMPI) RAPPANG. Undergraduate thesis, IAIN Pare pare.
Text
19.1900.009.pdf Download (8MB) |
Abstract
Skripsi ini membahas tentang Implementasi Manajemen Akreditasi Sarana dan Prasarana dalam Menunjang Pencapaian Hasil Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Yayasan Madrasah Pendidikan Islam (YMPI) Rappang di mana lokasi yang kurang memadai dan kurangnya kelas dimana untuk kelas A dan B digabung dalam satu kelas saat proses pembelajaran akan tetapi akreditasi madrasah terakreditasi A. Penelitian ini bertujuan (1)mendeskripsikan implementasi manajemen akreditasi sarana dan prasarana dalam menunjang hasil belajar siswa di Madrasah Aliyah Yayasan Madrasah Pendidikan Islam (YMPI) Rappang, (2)menjelaskan faktor pendukung dan penghambat manajemen akreditasi sarana dan prasarana dalam menunjang hasil belajar siswa di Madrasah Aliyah Yayasan Madrasah Pendidikan Islam (YMPI) Rappang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi lapangan (field research), yang melibatkan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif, yang mencakup reduksi data, display data (penyajian data), serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian mengindikasikan hal-hal berikut (1) Implementasi manajemen akreditasi sarana dan prasarana di MA YMPI Rappang berperan penting dalam menunjang pencapaian hasil belajar siswa. Prosesnya dimulai dengan perencanaan yaitu mengevaluasi fasilitas dan identifikasi kebutuhan perbaikan sesuai standar akreditasi serta melibatkan semua pemangku kepentingan madrasah. Pengorganisasian, melakukan kolaborasi terbuka dan distribusi tugas berdasarkan keahlian individu dalam implementasi manajemen akreditasi. Pelaksanaan, dimana tim pelaksana bertanggung jawab atas perbaikan sarana dan prasarana dan mengatasi kendala. Kemudian evaluasi terhadap hasil perbaikan dilakukan secara menyeluruh dengan melibatkan semua pihak terkait. Hasil evaluasi digunakan untuk refleksi dan pembelajaran, serta menjadi dasar untuk penyesuaian strategi dan kebijakan madrasah. (2) Faktor pendukung implementasi manajemen sarana dan prasarana Akreditasi dalam menunjang hasil belajar siswa di MA YMPI Rappang meliputi kepemimpinan yang kuat, optimalisasi sumber daya finansial, keterlibatan aktif semua pihak, dan komitmen untuk meningkatkan kualitas fasilitas pembelajaran. Sedangkan faktor penghambat yang memengaruhi upaya tersebut, termasuk kendala fisik seperti keterbatasan lahan dan masalah teknologi informasi, kondisi keuangan sekolah yang memengaruhi kemampuan perbaikan fasilitas, hambatan terkait aturan atau kebijakan dan keterampilan staf
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Akreditasi, Sarana dan Prasarana, Hasil Belajar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah |
Date Deposited: | 24 Sep 2024 03:39 |
Last Modified: | 24 Sep 2024 03:39 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/7851 |
Actions (login required)
View Item |