IKRAM, MUH (2023) IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI UPT SMP NEGERI 2 PAREPARE. Undergraduate thesis, IAIN Pare pare.
Text
19.1900.044.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
Manajemen kurikulum merupakan suatu usaha satuan pendidikan dalam mengelola kurikulum pendidikannya, mengingat kurikulum sebagai jantungnya pendidikan maka sangat perlu adanya pengelolan kurikulum tersebut. Pengelolaan kurikulum dimulai dari perencenaan kurikulum, pengorganisasian kurikulum, pelaksanaan kurikulum dan evaluasi kurikulum agar dapat menciptakan kurikulum yang efektif dan efisien bagi satuan pendidikan. Kurikulum Merdeka Belajar merupakan kurikulum baru yang diterapkan dalam dunia pendidikan Indonesia dimana proses pembelajarannya difokuskan pada pembelajaran intrakulikuler dan pembelajaran projek penguatan profil pelajar pancasila serta memperhatikan bakat dan minat belajar peserta didik dalam proses pembelajaran, kurikulum ini diharapkan dapat menjadi angin segar bagi perubahan pendidikan khususnya di Indonesia. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan manajemen perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi kurikulum merdeka belajar di UPT SMP Negeri 2 Parepere. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan, dengan desain deskriptif. Untuk memperoleh data peneliti melakukan wawancara langsung kepada narasumber yakni kepala sekolah, wakil kepala sekolah bagian kurikulum dan guru yang ada di UPT SMP Negeri 2 Parepare. Selain itu peneliti juga menggunakan teknik pengumpulan data berupa dokumentasi serta uji keabsahan data dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Perencanaan kurikulum merdeka belajar di UPT SMP Negeri 2 Parepare sudah berjalan dengan baik dimana kepala sekolah menyiapkan berbagai persiapan mulai dari penyusunan KOSP, perangkat ajar dan pelatihan kompetenai guru-guru di UPT SMP Negeri 2 Parepare. 2) Pengorganisasian kurikulum merdeka belajar di UPT SMP Negeri 2 Parepare telah dilakukan dengan baik mulai dari pembagian jam pelajaran maupun penentuan mata pelajaran bagi peserta didik. 3) Pelaksanaan kurikulum merdeka belajar di UPT SMP Negeri 2 Parepare dilaksanakan dengan pembelajaran intrakulikuler dan kokulikuler yang berbasis diferensiasi dimana proses pembelajaran disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik. 4) Evaluasi kurikulum merdeka belajar di UPT SMP Negeri 2 Parepare dilakukan dengan penyusunan asesmen pembelajaran sebagai bahan evaluasi dalam minilai keberhasilan proses belajar mengajar bagi peserta didik di UPT SMP Negeri 2 Parepare
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen, Kurikulum Merdeka Belajar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah |
Date Deposited: | 24 Sep 2024 02:05 |
Last Modified: | 24 Sep 2024 02:05 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/7806 |
Actions (login required)
View Item |