Hasanuddin, Akmal Fadhil (2023) Pengaruh Pembelajaran Pasca Pandemi COVID-19 Terhadap Motivasi Belajar (Studi Pada Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah IAIN Parepare). Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
16.1100.051.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Munculnya pandemi wabah covid-19 membawa implikasi yang sangat signifikan terhadap berbagai sektor kehidupan termasuk di dunia pendidikan. Salah satu kebijakan pemerintah pada bidang pendidikan khususnya di perguruan tinggi yaitu penerapan sistem pembelajaran berbasis online Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pembelajaran pasca pandemic COVID-19 terhadap motivasi belajar (studi pada Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah IAIN Parepare). Jenis Penelitian Ini adalah kuantitatif dengan desain kuantitatif korelasi dan regresi. Tehnik pengembilan sampel yang digunakan yaitu sample random sampling. Sampel penelitian sebanyak 82 sampel dari 588 populasi. Teknik pengumpulan datanya yaitu observasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik anaisis deskriftif. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, dapat diperoleh hasil bahwa variabel pembelajaran pasca pandemi (X) berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel motivasi belajar mahasiswa (Y) pada program studi Pendidikan Agama Islam IAIN Parepare. Hal ini dapat dilihat melalui hasil uji T dengan perolehan nilai T-hitung sebesar 6.845, dimana nilai ini lebih besar dari nilai T-tabel yaitu 1.664. Persamaan regresi yang diperoleh melalui tabel coefficients juga menunjukkan angka positif. Nilai konstanta yang diperoleh adalah sebesar 7.207, sedangkan nilai X sebesar 0.429. sehingga persamaan regresi dalam penelitian ini adalah Y=7.209 + 0.429X. maka pembelajaran pasca pandemi (Y) akan mengalami peningkatan sebesar 0.429 Sehingga cenderung diasumsikan bahwa H0 ditolak dan Ha diakui.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Motivasi belajar mahasiswa.
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Users 2757 not found.
Date Deposited: 23 Sep 2024 01:59
Last Modified: 23 Sep 2024 01:59
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/7672

Actions (login required)

View Item View Item