Wirdayanti, Wirdayanti (2024) POLA ASUH ORANG TUA DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI DI LINGKUNGAN PISANG KABUPATEN PINRANG. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text
19.3200.059.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang peran orang tua dalam membentuk kemandirian anak usia dini di lingkungan pisang kabupaten pinrang. Rumusan masalah penelitian ini yaitu 1) Bagaimana gambaran kemandirian Anak usia dini di Lingkungan Pisang Kabupaten Pinrang? 2) bagaimana pola asuh orang tua dalam membentuk kemandirian anak usia dini di lingkungan pisang kabupaten pinrang? 3) Bagaimana kendala yang dihadapi orang tua dalam membentuk kemandiria Anak usia dini di Lingkungan Pisang Kabupaten Pinrang. Tujuan penelitian ini yang pertama untuk Mengetahui Bagaimana gambaran kemandirian Anak usia dini di Lingkungan Pisang Kabupaten Pinrang, yang kedua untuk Mengetahui Bagaimana pola asuh orang tua dalam membentuk kemandirian Anak usia dini di Lingkungan Pisang Kabupaten pinrang dan yang ketiga untuk Mengetahui Apa kendala yang dihadapi orang tua dalam membentuk kemandiria Anak usia dini di Lingkungan Pisang Kabupaten pinrang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field recearch), Dengan pendekatan fenomenologi. Sumber data dari penelitian ini terdiri dari data primer yaitu: orang tua, data skunder yaitu: anak. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara, data yang telah dikumpulkan kemudian diolah dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1). Gambaran kemandirian anak usia dini dilingkungan pisang kabupaten pinrang yaitu: a). Kemandirian dalam berpikir yaitu anak mampu mengutarakan pendapatnya dan sering bertanya serta memahami intruksi yang diberikan dengan baik, b). Kemandirian sosial yaitu anak mudah berteman dan berbaur dengan orang baru c). Kemandirian motivasi intrinsik yaitu anak sudah bisa mandi, makan dan berpakaian sendiri. 2). Pola asuh orang tua dalam mendidik anak usia dini ada tiga yakni, a). Pola asuh otoriter, b). Pola asuh permisif c). Pola asuh demokratis. Adapun pola asuh yang paling efisien yang digunakan orang tua yang memiliki anak yang mandiri dalam penelitian ini yaitu pola asuh demokratis. 3). Kendala yang dihadapi oleh orang tua dalam mendidik ankanya yaitu kendala Internal dan Eksternal, kendala internal meliputi kasih sayang yang berlebih dari orang tua karena faktor anak sakit sakitan dan anak yang dinantikan kehadirannya cukup lama oleh orang tuanya sedangkan kendala eksternal melipiti pengaruh dari lingkungan bermain anak, waktu orang tua Bersama anak kurang karena orang tua yang bekerja serta penggunaan handphone yang berlebih yang menjadikan anak lupa akan kewajibannya serta membuat anak menjadi malas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pola Asuh, Orang Tua, Kemandirian |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Mahasiswa mbkm |
Date Deposited: | 08 Oct 2024 07:26 |
Last Modified: | 08 Oct 2024 07:26 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/7598 |
Actions (login required)
View Item |