YUNUS, SUFIANI (2023) Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Contextual Teaching and Learning Materi Getaran, Gelombang, dan Bunyi dalam Kehidupan Sehari Hari pada Kelas VIII di UPT SMP Negeri 4 Baranti. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
19.84206.031.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (13MB) |
Abstract
Penelian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk bahan ajar berbasis Contextual Teaching and Learning pada materi getaran, gelombang dan bunyi dalam kehidupan sehari-hari yang dilakukan di UPT SMP Negeri 4 Baranti pada kelas VIII. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R & D) menggunakan model ADDIE, yakni 1) Analysis (Analisis), 2) Desaign (Perancangan), 3) Depelopment (Pengembangan), 4) Implementation (Implementasi) dan 5) Evaluation (Evaluasi), tetapi dimodifikasi sampai tahap ADD karena keterkaitan waktu. Berdasarkan hasil analisis data formatif diperoleh persentase kevalidan ahli materi dua orang. Berdasarkan hasil validasi yang diperoleh dari validator ahli materi dan media yakni: Pertama, validasi ahli materi dari aspek kelayakan isi diperoleh hasil rata-rata sebesar 3,31 berada pada kategori valid, hasil validasi ahli materi dari segi aspek kelayakan penyajian diperoleh hasil rata-rata sebesar 3,33 berada pada kategori valid, dan hasil validasi ahli materi dari segi aspek bahasa diperoleh hasil rata-rata sebesar 3,25 berada pada kategori valid. Kedua hasil valiadasi ahli media diperoleh hasil rata-rata 3,86 Berada pada kategori sangat valid, sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis contextual teaching and learning pada materi getaran, gelombang dan bunyi yang dikembangkan berdasarkan validator ahli materi dan media sudah sangat valid untuk digunakan karena memperoleh hasil rata-rata sebesar 3,59. Setelah mendapatkan respon peserta didik sebagai pengguna yang terdiri dari 15 responden peserta didik kelas VIII UPT SMP Negeri 4 Baranti diperoleh rata-rata sebesar 3,61 berada pada kategori sangat praktis sehingga dapat disimpulkan bahan ajar ilmu pengetahuan alam berbasis contextual teaching and learning yang dikembangkan sudah berada pada kategori sangat praktis
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahan ajar, Contextual Teaching and Learning (CTL), Getaran, gelombang dan bunyi dalam kehidupan sehari-hari. |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris IPA |
Depositing User: | Users 2757 not found. |
Date Deposited: | 06 Oct 2024 14:11 |
Last Modified: | 06 Oct 2024 14:11 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/7502 |
Actions (login required)
View Item |