Mansyur, Silvi (2023) Analisis Konten Dakwah Ustadz Syam di Media Sosial TikTok. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
18.3600.012.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini menganalisis makna konten dakwah Ustadz Syam dengan menggunakan teori semiotika Roland Barthes. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kualitatif, dengan kajian analisis semiotika. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yakni teknik analisis, dan dokumentasi pada setiap konten dakwah Ustadz Syam pada bulan Ramadhan. Teknis analisis data yang digunakan adalah metode analisis semiotika Roland Barthes yaitu denotasi, konotasi dan mitos. Melalui aplikasi TikTok, dakwah semakin dimudahkan. Peluang dan kesempatan untuk berdakwah semakin besar, sehingga berdasarkan observasi dan kolaborasi dengan dokumen yang relevan, akhirnya peneliti menemukan makna konten dakwah pada media sosial TikTok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap konten memiliki tema yang berbeda namun tetap satu-kesatuan berkaitan dengan ibadah bulan suci Ramadhan. Konten dakwah melalui media sosial TikTok terbilang dakwah singkat yang menyampaikan langsung inti dari dakwah tersebut. Sehingga dengan analisis konten ini akan menjelaskan secara detail makna yang ingin disampaikan Ustadz Syam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Konten Dakwah, Media sosial, TikTok
Subjects: 19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1902 Film, Television and Digital Media > 190205 Interactive Media
Depositing User: Users 2757 not found.
Date Deposited: 08 Oct 2024 05:05
Last Modified: 08 Oct 2024 05:05
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/7493

Actions (login required)

View Item View Item