MAHARA, MAHARA (2024) Peningkatan Hasil Belajar IPA melalui Metode Eksperimen Peserta Didik Kelas V SDN 186 Karangan Kabupaten Enrekang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
19.84206.013.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB)

Abstract

Aktivitas belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas V SDN 186 Karangan masih rendah atau masih di bawah rata-rata. Hal ini disebabkan banyak faktor, diantaranya proses belajar masih kurang baik dan masih berpusat pada guru dengan menggunakan metode cerama, maka dari itu mesti adanya kemajuan saat proses belajar mengajar dengan menggunakan metode eksperimen. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui upaya penggunaan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik kelas V SDN 186 Karangan pada materi ekosistem. Penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V SDN 186 Karangan yang berjumlah 21 orang. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan mengadopsi model Kemmis dan Mc.Taggart melalui dari tahapan merencanakan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulkan data yaitu observasi, dokumentasi dan tes. Instrumen penelitian adalah lembar observasi dan tes hasil belajar. Teknik Analisis data yaitu metode kualitatif dan metode kuantitatif. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode eksperimen yang diterapkan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil pembelajaran IPA materi ekosistem di kelas V SDN 186 Karangan yang dilakukan selama dua siklus meningkat. Hal ini dilihat dari persentase rata-rata hasil belajar peserta didik setelah diterapkan metode eksperimen yaitu siklus I sebesar 57% dan siklus II sebesar 85%, selisih di antara keduanya adalah 28%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Metode Eksperimen, Pembelajaran IPA
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris IPA
Depositing User: Users 2757 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2024 14:09
Last Modified: 06 Oct 2024 14:09
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/7490

Actions (login required)

View Item View Item