EKAWATI, WANDA (2023) Penerapan Card sort Untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik pada Materi Sistem Pencernaan Kelas VIII SMPN 2 Tellu Limpoe. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
18.84206.031.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB)

Abstract

Persoalan utama pada penelitian adalah rendahnya capaian KKB peserta didik kelas VIII SMPN 2 Tellu Limpoe yang memengaruhi tingkat pemahaman peserta didik materi Sistem Pencernaan pada Manusia. Faktor yang mengakibatkan ketuntasan berguru peserta didik minim adalah strategi dan media yang diterapkan cenderung membuat peserta didik hanya mendengarkan dan materi berpusat pada pendidik. Penelitian ini dibuat 2 siklus sebanyak 6 pertemuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman peserta didik pada materi sistem pencernaan dengan menerapkan Card sort di kelas VIII.1 SMPN 2 Tellu Limpoe. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Untuk menguraikan data skor hasil tes materi sistem pencernaan pada manusia digunakan teknik analisis kuantitatif yaitu persentase rata-rata, sekunder daviasi dan grafik. Sedangkan data berupa hasil pengamatan digunakan teknik analisis kualitatif yaitu dengan meringkas dan menguraikan hasil penelitian melalui observasi pengamat. Hasil yang diperoleh dari observasi peserta didik oleh peneliti menunjukkan penerapan Card sort membuat peserta didik bersemangat, menikmati dan cakap. Indikator keberhasilan ditinjau berdasarkan ketuntasan nilai peserta didik dimana rata-rata minimum KKB ≥70 dengan persentase minimal 85 %. Hasil menunjukkan persentase ketuntasan telah memenuhi KKB pada siklus I mencapai 50%, sehingga belum memenuhi kriteria keberhasilan penelitian. Prosedur penerapan Card sort pada tindakan Siklus II dilakukan dengan pembentukan kelompok, dan memberikan penugasan dalam bentuk kartu yang perlu disusun bersama teman kelompok. Persentase nilai peserta didik yang melebihi KKB pada Siklus II mengalami peningkatan sebesar 88,88%. Sesuai hasil analisis, dapat disimpulkan dengan penerapan Card sort mampu menarik perhatian peserta didik dalam proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan pemahaman peserta didik pada materi sistem pencernaan pada manusia kelas VIII.1 SMPN 2 Tellu Limpoe.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Card sort, pembelajaran, sistem pencernaan.
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris IPA
Depositing User: Users 2757 not found.
Date Deposited: 08 Oct 2024 04:13
Last Modified: 08 Oct 2024 04:13
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/7470

Actions (login required)

View Item View Item