BARIYYAH, SITTI (2023) Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada MTs As’adiyah No. 49 Bolaaserae. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
18.84206.029.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (12MB)

Abstract

Kemampuan siswa dalam menguasai materi IPA Pada kelas IX MTs As'Adiyah No.49 Bolaaserae belum memenuhi nilai KKM sehingga mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Hal ini disebabkan banyak faktor, salah satu faktor yaitu peserta didik kurang antusias dalam proses pembelajaran. Salah satu cara agar peserta didik antusias dalam proses pembelajaran yaitu dengan menggunakan model pembelajaran project based learning. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar IPA pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dan juga untuk mengetahui adanya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian none quivalent control group design. Adapun subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas IX.B sebagai kelas kontrol dan IX.C sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data menggunakan uji-t pada hasil belajar dari kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan uji-t yang dilakukan terdapat peningkatan hasil belajar IPA kelas eksperimen dilihat dari nilai rata-rata sebelum diberikan perlakuan 55,29 setelah diberikan perlakuan nilai rata-rata 87,06. Pada kelas kontrol nilai rata-rata yang didapatkan sebelum diberikan perlakuan 56,79 setelah di erikan perlakuan 75,71. Dan terdapat perbedaan yang signifikansi terhadap hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol hal tersebut ditinjau dari hasil uji-t independent sample t-test dengan kriteria yaitu nilai sig < 0,05. Dengan nilai sig yang didapatkan 0,00 < 0,05. Sehingga H1 diterima dan H0 ditolak artinya terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar kelas ekpserimen menggunakan model pembelajaran project based learning dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Project based learning, Hasil belajar, pembelajaran IPA.
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris IPA
Depositing User: Users 2757 not found.
Date Deposited: 08 Oct 2024 04:10
Last Modified: 08 Oct 2024 04:10
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/7467

Actions (login required)

View Item View Item