Ikram, Aidil Dzul (2024) MANAJEMEN PEMASARAN MITRA ECO FARMING DALAM SOSIALISASI PRODUK RAMAH LINGKUNGAN DI KOTA PAREPARE. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
19.3300.045.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

ak Muhammad Haramain dan Mahyuddin. Bentuk pemasaran ECO farming sebagai produk ramah lingkungan di Kota Parepare, mendapat respon baik dari masyarakat terutama bagi para petani. Mitra ECO Farming yang turun langsung kelapangan menjelaskan dan mencontohkan kepada petani bagaimana manfaat dan cara penggunaan produk ECO Framing yang baik. Penggunaan ECO farming bagi para petani tidak hanya berdampak ke hasil pertanian yang semakin bagus tapi juga berdampak kepada lahan pertanian yang semakin subur sehingga bisa terbentuk pertanian berkelanjutan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan ( field research) untuk memecahkan masalah yang diangkat dan dianalisis dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber informasi dari data primer yang diperoleh dari mitra ECO Farming dan masyarakat yang ada di kota Parepare, sedangkan data sekunder diperoleh dari buku-buku, jurnal, karya tulis, situs internet, skripsi ataupun pedoman penelitian lain yang berkaitan dengan penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dakwah yang dilakukan oleh mitra ECO Farming termasuk ke dalam metode dakwah Bil Hal, atau dakwah dengan perbuatan nyata. Manajemen pemasaran, Mitra ECO Farming melakukan langkah yang holistik dan berkelanjutan. dimana, mereka mengadakan program-program pendidikan dan pelatihan, bekerja sama dengan lembaga-lembaga pendidikan dan pemerintah setempat, dan mengembangkan jaringan mitra dan kemitraan strategis dengan restoran, toko-toko organik, dan komunitas-komunitas lingkungan untuk memperkuat eksistensi ECO Farming. Dakwah lingkungan dalam pemasaran ECO Farming sebagai produk ramah lingkungan di Kota Parepare menggunakan dua bentuk dakwah yaitu dakwah Bil Lisan dan dakwah Bil Hal. Pemasaran dakwah Bil Lisan berbentuk seminar yang membahas tentang manfaat menggunakan produk ECO Farming dan keuntungan menjadi mitra ECO Farming. Pemasaran dakwah Bil hal berbentuk pendekatan persuasif dan pendekatan khusus kepada petani, yang menunjukkan bahwa pendekatan ini memerlukan keterlibatan yang holistik dan berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Dakwah ,ECO Farming, Manajemen, Pemasaran
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150599 Marketing not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Mahasiswa mbkm
Date Deposited: 23 Sep 2024 00:22
Last Modified: 23 Sep 2024 00:22
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/7226

Actions (login required)

View Item View Item